Status Siaga Bencana bakal Diterapkan di DI Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Kamis, 16 Nov 2017 19:27 WIB
bencana alam
Status Siaga Bencana bakal Diterapkan di DI Yogyakarta
Plt Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno, MTVN - Vicka

Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DI Yogyakarta bakal meningkatkan status bencana menjadi siaga darurat di seluruh wilayah. Peningkatan status merujuk pada peristiwa bencana yang terjadi di DIY. 

Pelaksana teknis (Plt) Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno mengatakan bencana yang terjadi berupa angin kencang, tanah longsor, dan banjir. Bencana melanda sebagian wilayah Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul.

"Bencana berpotensi terjadi di siang hari, antara pukul 12.00 sampai dengan 17.00 WIB," kata Krido di Yogyakarta, Kamis, 16 November 2017.

Sementara banjir berpotensi terjadi di lereng Gunung Merapi. Krido mengimbau warga lereng gunung mewaspadai potensi banjir lahar dingin. Genangan juga kerap muncul di Sleman dan Yogyakarta.

BPBD mendata tujuh lokasi berpotensi banjir. Diantaranya di depan Jogja Expo Center, di depan Ambarukmo Plaza, dan permukiman di daerah Jombor Sleman. 

Sedangkan bencana longsor berpotensi terjadi di Kulonprogo. Sebab, beberapa lokasi di kabupaten tersebut berupa perbukitan. Di beberapa lokasi, tingkat kemiringannya mencapai 40 derajat.

"Intinya status meningkat usai kami lihat hasil kajian menunjukkan cuaca ekstrim apakah menyebabkan kejadian (bencana) bertambah dan sampai menganggu kepentingan umum," pungkas mantan Camat Depok itu.


(RRN)