Enam Rumah di Jepara Roboh Disapu Ombak Besar

Rhobi Shani    •    Jumat, 01 Dec 2017 16:39 WIB
Enam Rumah di Jepara Roboh Disapu Ombak Besar
Ombak besar melanda Kelurahan Demaan, Jepara.-Medcom/Rhobi-

Jepara: Enam rumah di kawasan pesisir pantai Jepara, Jawa Tengah, roboh diterjang ombak. Empat rumah di Kelurahan Demaan dan Dua Rumah di Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara Kota. Peristiwa ombak besar hingga merobohkan rumah warga terjadi pada Jumat dini hari, 1 Desember 2017.

Warga RT02 RW04 Kelurahan Demaan, Khotimah menyampaikan, ombak besar mulai muncul sekira pukul 02.30 WIB. Satu jam kemudian, ombak besar langsung menyapu rumah-rumah yang berada di bibir pantai. Selain merobohkan rumah warga, air juga menggenangi wilayah permukiman.
 
“Kejadian rumah roboh itu sekitar jam 05.30. Tapi penghuni rumah Pak Bambang dan anak-anaknya sudah mengungsi ke rumah saudaranya sebelum rumahnya roboh,” ujar Khotimah.
 
Warga lainnya, Khoirudin mengungkapkan hal senada. Selain rumah Bambang, ombak besar juga merobohkan rumah milik Najib, Slamet, Khoirin. Selain itu, ombak besar juga merusak rumah Giyanto.
 
Ombak besar kerap terjadi saat musim angin barat seperti saat ini. Hanya saja, ombak tidak sampai merobohkan rumah warga. Juga tidak sampai menggenangi wilayah permukiman.
 
“Kalau musim angin barat memang kondisinya seperti ini, tapi (air) tidak sampai ke rumah warga. Ombak besar seperti ini terakhir terjadi itu sekitar empat tahun lalu,” kata Khoirudin.
 
Ditambahkan Khoirudin, ketinggian ombak yang merobohkan rumah-rumah warga mencapai 3 meter. Sementara, air yang menggenangi wilayah permukiman hingga kedalaman 30 centimeter.
 
Kejadian serupa juga terjadi di Kelurahan Ujungbatu. Rumah milik Kaswadi dan Priyadi, warga RT 15 RW 04, roboh diterjang ombak.
 
Saat ini warga dibantu Polisi, TNI, BPBD Jepara, dan relawan sedang bergotong royong membersihkan puing-puing rumah yang roboh. Serta membersihkan sampah-sampah yang terbawa air laut. 
(ALB)