Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Dipastikan Dilantik di Jakarta

Patricia Vicka    •    Senin, 09 Oct 2017 13:20 WIB
yogyakarta
Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Dipastikan Dilantik di Jakarta
Direktur Jendral (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Direktur Jendral (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono menyambangi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kedatangan Sumarsono tersebut untuk memastikan dan menjelaskan lokasi serta tanggal pelantikan gubernur dan wakil gubernur DIY.

"Pelantikan diundur tanggal 16 Oktober di Jakarta," kata Sumarsono di Kepatihan Yogyakarta, Senin 9 Oktober 2017.

Sumarsono menjelaskan, pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta. Gubernur dan wakil gubernur DIY dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo, sama seperti pemimpin daerah lainnya.

Menurut Sumarsono, pelantikan sebenarnya bisa dilakukan di Yogyakarta. Namun, dilakukan oleh Kemendagri. Presiden Jokowi hanya bisa melantik pemimpin daerah di Istana Negara di Jakarta.

"Masa Raja Jogja yang melantik Mendagri? Maka dilantiknya nanti di Jakarta, biar sama dengan gubernur lainnya," jelas Sumarsono.

Tanggal 16 Oktober dipilih agar bisa sekalian dengan pelantikan gubernur dan wakil gubernur DKI. "Pelantikan tidak bisa dimajukan, bisanya dimundurin. Maka, pelantikan yang harusnya 10 Oktober jadi mundur ke tanggal 16, bersamaan dengan DKI," kata mantan Pelaksana Tugas (Plt) DKI Jakarta ini.

Saat ini, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X masih menunggu surat resmi terkait tanggal dan lokasi pelantikan. Ia menyerahkan keputusan lokasi serta tanggal pelantikan kepada pemerintah pusat.

Sebagai informasi, masa jabatan gubernur dan wakil gubernur DIY berakhir pada 10 Oktober 2017. Sesuai dengan keistimewaan DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam X kembali disahkan DPRD DIY sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY periode 2017-2022.


(NIN)