9 Orang Haji Jateng-DIY Masih Tinggal di Tanah Suci

Pythag Kurniati    •    Jumat, 06 Oct 2017 13:31 WIB
haji 2017
9 Orang Haji Jateng-DIY Masih Tinggal di Tanah Suci
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Boyolali: Kelompok terbang (kloter) 95 atau kloter terakhir jemaah haji Jawa Tengah dan DIY telah tiba di Debarkasi Haji Donohudan, Boyolali pada Jumat, 6 Oktober 2017. Namun sembilan orang haji asal Jateng DIY hingga saat ini terpaksa masih berada di Tanah Suci.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jateng DIY M. Afief Mundzir mengatakan, sembilan orang haji mengalami sakit. Mereka harus mendapatkan perawatan di rumah sakit di Arab Saudi.

Sehingga, sembilan orang tersebut tidak bisa pulang bersamaan dengan kloter masing-masing. Mereka akan dipulangkan dengan pesawat regular.

"Dipulangkan setelah dinyatakan sembuh," kata Afief, Jumat, 6 Oktober 2017. Biaya perawatan dan pemulangan, lanjutnya, ditanggung oleh pemerintah.

Adapun kloter terakhir (kloter 95) haji jateng DIY telah tiba di Tanah Air pada Jumat, 6 Oktober 2017 pagi. Kloter 95 mengangkut 311 orang haji asal Kabupaten Jepara dan Banjarnegara.

Afief menjelaskan, hingga hari kloter terakhir pemulangan jemaah haji Jateng DIY, PPIH tercatat telah memulangkan 33.778 orang haji. Selama musim haji 2017, tercatat 109 orang haji wafat. Sedangkan hingga saat ini sebanyak 4 orang haji masih dirujuk di RSUD dr. Moewardi Solo.





(ALB)