Ramah Tamah Presiden Jokowi ke Warga Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 31 Dec 2017 23:15 WIB
natal dan tahun baru
Ramah Tamah Presiden Jokowi ke Warga Yogyakarta
Seorang wisatawan saat berfoto bersama Presiden Jokowi. Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Yogyakarta: Dengan kaos biru gelap dan celana panjang hitam, Presiden Joko Widodo menyapa warga Yogyakarta di malam Tahun Baru 2018. Jokowi beramah tamah dengan warga yang hendak bersalaman dan foto bersama di kompleks Gedung Agung (Istana Presiden) dengan penuh kesederhanaan.

Dengan pakaian jauh dari kesan formal, awalnya Jokowi berkeliling di halaman Gedung Agung. Setelan sederhana ini menarik perhatian sebagian besar pengunjung kawasan wisata Malioboro.

Melihat banyak warga yang menyapa, Presiden Jokowi memerintahkan Paspampres menyeleksi warga yang hendak bertemu. Perlahan, warga yang sudah berkerumun bisa bersalaman dan berfoto bersama Presiden Jokowi.

Fitri Jayanti, seorang wisatawan, tak menduga bisa bertemu Presiden Jokowi. Padahal ia hanya ingin melihat langsung Istana Negara di Yogyakarta. Wisatawan asal Ponorogo, Jawa Timur, ini jadi salah satu yang disilakan Paspampres untuk bersalaman dan berfoto dengan Presiden Jokowi.

"Tadi saya angkat tangan pas Paspampres memilih, lalu bisa foto sama pak Jokowi," kata Fitri dengan wajah semringah.


Presiden Jokowi saat mengajak cucunya Jan Ethes bermain di depan Gedung Agung Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Girang tak bisa dielakkan karena bisa langsung bersua orang nomor satu di Indonesia. Ia menampak raut bahagia dengan melihat kembali hasil jepretan Paspamres di gawainya.

Lukman, seorang wisatawan dari Semarang, Jawa Tengah, juga menjadi salah satu yang bisa bertemu langsung dengan Jokowi. Ia mengajak kekasihnya, Ira saat bersalaman dan berfoto dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Seperti halnya Fitri, Lukman juga tak menyangka bisa bertemu Jokowi. Ia mengaku senang dan bangga. "Saya kagum sama pak Jokowi. Seneng aja bisa foto bareng," kata dia.

Usai menyapa warga, Presiden Jokowi mengajak cucunya, Jan Ethes bermain. Jokowi memantau Jan Ethes yang melihat sebuah patung di depan Gedung Agung.

Jokowi juga beberapa kali tersenyum melihat polah cucunya yang menggemaskan. Bahkan Jan Ethes sempat bergoyang saat mendengar suara musik dari luar Kompleks Gedung Agung.

(Baca: Presiden Undang Sejumlah Warga ke Gedung Agung)


(SUR)