Setiap Proses Pilkada Miliki Tingkat Kerawanan Masing-masing

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 22 Sep 2016 17:08 WIB
pilkada serentak
Setiap Proses Pilkada Miliki Tingkat Kerawanan Masing-masing
Kapolda DIY Brigjen Prasta Wahyu Hidayat -- MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen menjaga ketat setiap proses Pilkada yang saat ini sedang berjalan. Sebab, setiap proses Pilkada memiliki tingkat kerawanan masing-masing.

"Kerawanannya bisa dari pendaftaran pasangan, penetapan pasangan, ataupun pendistribusian surat suara," kata Kapolda DIY Brigjen Prasta Wahyu Hidayat saat peringatan HUT ke-61 Lalu Lintas di Taman Parkir Abu Bakar Ali, Yogyakarta, Kamis (22/9/2016).

Di DIY, Pilkada bakal digelar di Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta. Pendaftaran pasangan calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dimulai pada Rabu hingga Jumat (21-23 September 2016).

Prasta mengaku menyiapkan sejumlah personel, terdiri dari dua Kompi Brimob, dua Kompi Sabhara, dan satu detasemen pasukan di Polda DIY sebagai cadangan. "Setiap tingkat kerawanan ada penanggung jawab masing-masing. Setiap penanggung jawab akan langsung memonitor di lapangan," ucapnya.

Dengan antisipasi dini, Pilkada 2017 diharap dapat terlaksana dengan cerdas, dialogis, dan tanpa pengerahan banyak masa. Prasta mengingatkan kelompok ormas atau pendukung salah satu pasangan agar mematuhi aturan dalam setiap proses, termasuk taat lalu lintas di saat kampanye.

"Jika perlu, kita razia saat akan keluar. Akan dilucuti di tempat. Jika membawa barang yang dilarang atau pelanggaran, akan ditangkap, barangnya dikandangkan," jelasnya.

Saat ini, di KPU Kota Yogyakarta sudah ada satu pasangan calon mendaftar, yaitu Imam Priyono dan Ahmad Fadli. Keduanya merupakan pasangan calon yang diusung tiga partai, yakni PDI Perjuangan, NasDem dan PKB.

Sementara di KPU Kulon Progo, belum ada partai atau gabungan partai dan pasangan calon yang mendaftarkan diri. Besok kemungkinan ada satu pasangan calon yang akan melakukan pendaftaran, yaitu pasangan Hasto Wardoyo–Sutedjo yang telah mendeklarasikan diri akan maju dalam Pilkada Kulon Progo.


(NIN)