113 Daerah Peduli Kepala Sekolah Dapat Penghargaan

Pythag Kurniati    •    Selasa, 11 Oct 2016 16:38 WIB
pendidikan
113 Daerah Peduli Kepala Sekolah Dapat Penghargaan
Jumpa pers pemberian anugerah Kawastara Pawitra, di Kota Solo, Selasa (11/10/2016). Foto: Metrotvnews.com/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendi dijadwalkan menyerahkan anugerah Kawastara Pawitra ke 113 kabupaten/kota di Indonesia. Penyerahan penghargaan akan dilaksanakan di Kota Solo, Jawa Tengah, 15 Oktober 2016.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia, Siswandari. 

“Anugerah ini (Kawastara Pawitra) diberikan kepada daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah, baik dengan APBD maupun dana masyarakat,” kata dia, Selasa (11/10/2016).

Siswandari mengatakan pemberian anugerah Kawastara Pawitra telah dilakukan untuk keempat lainnya. “Kita berupaya mendorong daerah-daerah untuk peduli pada penyiapan kepala sekolah. Karena kepala sekolah memegang peran strategis dalam pendidikan,” kata Siswandari.

Ia menerangkan, dari 69 penelitian yang dilakukan selama 23 tahun, kepala sekolah punya peran meningkatkan prestasi siswa lebih dari 20 poin. Penelitian-penelitian itu melibatkan 1,4 juta siswa dan 14 ribu guru.

Padahal, kata dia, 90 persen kepala sekolah di Indonesia belum melakukan supervisi enam bulan sekali. "Saat tidak melakukan supervisi, dia tidak bisa menjamin guru yang benar-benar kompeten. Murid yang diajar oleh guru yang tidak memiliki kemampuan baik otomatis kemampuannyaakan menurun," kata dia.

Meski peran kepala sekolah demikian penting, lanjut dia, belum semua daerah memiliki kemauan dan kesadaran untuk mengikuti Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS). 

“Baru 334 kabupaten/kota atau sekitar 65 persen dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang mengimplementasikannya," kata Siswandari.


(UWA)