Habib Lutfi Yahya Ikut Apel Nusantara Bersatu di Semarang

   •    Rabu, 30 Nov 2016 10:19 WIB
nkri
Habib Lutfi Yahya Ikut Apel Nusantara Bersatu di Semarang
Iwan Fals (dua kiri), Habib Lutfi, Pangdam IV/Diponegoro, Gubernur Jateng, Kapolda Jateng dalam apel Nusantara Bersatu di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Rabu (30/11/2016). (Twitter @HumasJateng)

Metrotvnews.com, Semarang: Gerimis mengguyur pusat Kota Semarang, Jawa Tengah, sejak Rabu pagi, 30 November. Namun, tidak sedikit pun menyurutkan semangat ribuan peserta Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Simpang Lima.

Berbagai pertunjukan seni dan hiburan ditampilkan dalam kegiatan yang mengangkat tema "Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika".

Baca: Semarak Nusantara Bersatu di Sorong

Dua panggung hiburan berdiri di sisi utara dan selatan lapangan apel. Acara juga diisi narasi kebangsaan oleh sejumlah tokoh, seperti Gubernur Ganjar Pranowo, Habib Lutfi Yahya, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, Wali Kota Semarang, Pangdam IV/Diponegoro serta tokoh masyarakat dan tokoh agama lainnya. Musisi legendaris Iwan Fals juga turut hadir.

Di tengah lapangan dipasang panggung terbuka yang digunakan untuk penyampaian narasi kebangsaan.

Dalam narasi kebangsaannya, Ganjar menegaskan tidak seorang pun bisa mencederai republik ini. "Kita tidak akan pernah rela keluarga Indonesia dilukai," katanya.

Ia mengingatkan agar kebhinnekaan selalu dirawat. "Jaga silaturahmi, bukan dengan cakar-cakaran, bukan dengan maki-makian, bukan dengan provokasi," katanya.

Baca: Ikat Kepala Merah Putih, Warga Bandung Padati Lapangan Gasibu

Acara Nusantara Bersatu digagas oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Gagasan itu lantas diwujudkan oleh berbagai elemen masyarakat sebagai bentuk cinta tanah air dan persatuan Indonesia. Acara ini berlangsung hampir di seluruh provinsi di antero Indonesia.


(SAN)