Tegal Siapkan 3 Lokasi untuk 2 Desember

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 29 Nov 2016 15:49 WIB
unjuk rasa
Tegal Siapkan 3 Lokasi untuk 2 Desember
Foto ilustrasi pengajian. (Ant/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Tegal: Polres Tegal Kota, Jawa Tengah, mengimbau masyarakat tidak ke Jakarta untuk ikut kegiatan 2 Desember di silang Monas. Sebab, kepolisian telah menyiapkan tiga lokasi untuk berkegiatan di Tegal.

“Silakan saja massa menggelar aksi di daerah. Kami siap mengamankan jalannya aksi,” kata Kapolres Tegal Kota AKBP Firman Darmanysah, Selasa (29/11/2016).

Tiga tempat yang disiapkan untuk kegiatan 2 Desember, adalah alun-alun, Stadion Yos Sudarso, dan Lapangan Kecamatan Tegal Timur. Pihaknya menyiapkan 450 personel untuk mendampingi aksi di tempat-tempat itu.

Baca: Aksi 2 Desember, 25 Bus Bakal Angkut Ribuan Orang Solo ke Jakarta

Polres Tegal Kota juga bakal mengirimkan satu satuan setingkat kompi (SSK) ke wilayah hukum Polres Brebes. Personel itu diperbantukan untuk pelaksanaan penyekatan di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat.

Firman mengaku hingga saat ini belum ada surat permohonan izin dari elemen masyarakat untuk aksi 2 Desember. "Belum ada surat masuk," katanya.

Sebelumnya, tokoh dan ulama di Kota Tegal menyatakan tidak akan mengerahkan massa untuk berdemonstrasi di Jakarta pada 2 Desember.

Baca: 1.720 Personel Siaga di Simpul Solo-Jakarta

Kesepakatan itu tertuang dalam surat pernyataan yang ditandatangani Habib Thohir Abdullah Alkaff; Rois Syuriah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kota Tegal Kiai Ibrohim; Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kota Tegal H Nadirin Maskha; dan Ketua MUI Kota Tegal KH Abdul Chaer Annur.

Mereka lebih memilih melakukan aksi doa bersama yang telah dilaksanakan pada 26 November 2016 malam di Alun-Alun Kota Tegal. (Baca: GNPF MUI Sepakati Aksi 2 Desember Hanya Gelar Sajadah)


(SAN)