Pendopo Balaikota Solo Dikembalikan jadi Joglo Rakyat

Pythag Kurniati    •    Senin, 07 Nov 2016 16:30 WIB
pemda
Pendopo Balaikota Solo Dikembalikan jadi Joglo Rakyat
Pemandangan dari dalam Pendapi Gede Balaikota Solo, Jateng. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah akan membongkar dinding-dinding Pendapi Gede yang berada di Balaikota. Pembongkaran ini merupakan tahap awal pengembalian fungsi pendopo untuk sarana berkumpul warga.

"Bagian dindingnya akan dilepas. Sehingga menjadi lebih terbuka," ungkap Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Senin (07/11/2016). Namun, lanjut dia, bentuk bangunan tetap tanpa perubahan.

Pembongkaran dinding, kata pemilik sapaan Rudy, adalah bagian untuk mengembalikan pendopo menjadi joglo rakyat. Masyarakat bisa memanfaatkan untuk berbagai kegiatan.

"Silakan saja, kalau ada yang ingin berlatih tari atau kegiatan lainnya," jelas dia.

Konsultan perencanaan dan bangunan, Agus Indriyo menyampaikan dari segi konsep, pengembalian bentuk joglo balaikota tak lepas dari makna filosofis dan kenyamanannya.


Pendapi Gede Balaikota Solo tampak dari luar.

Pakem sebuah bangunan joglo, lanjutnya, memang tanpa dinding keliling. "Prinsipnya itu. Di bagian belakang nanti juga akan ditambah gebyog Jawa," papar dia.

Sedangkan dari aspek kenyamanan, joglo tidak akan terkesan pengap jika dindingnya dibongkar. Pembongkaran dinding keliling Pendapi Gedhe Balaikota Solo akan mulai dikerjakan tahun 2017. Saat ini Detail Engineering Design (DED) tengah disusun.


(SAN)