Supermoon Hiasi Langit Jepara

Patricia Vicka, Rhobi Shani    •    Senin, 14 Nov 2016 20:17 WIB
fenomena alam
Supermoon Hiasi Langit Jepara
Supermoon tampak di langit Jepara, MTVN - Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Fenomena alam Supermoon menghiasi langit Jepara, Jawa Tengah, pada Senin malam 14 November. Warga di Jepara pun beramai-ramai menyaksikan kejadian alam langka itu.

Sekira pukul 19.00 WIB, Supermoon muncul di langit Jepara. Cuaca mendung mengakibatkan bulan tampak separuh.

Namun setengah jam kemudian, cuaca kembali cerah. Bulan pun tampak bersinar dengan bentuk bulat utuh
Supermoon tampak separuh menghiasi langit Jepara pada pukul 19.00 WIB. 

"Alhamdulillah cerah. Jadi bisa melihat supermoon bersama anak-anak. Inikan fenomena langka, jarang sekali terjadi," kata Novie Fatmawati.

Novie mengaku sedianya hendak menyaksikan langsung supermoon di pinggir pantai. Namun cuaca mendung. Ia pun membatalkan rencana tersebut.

Perempuan berusia 34 tahun itu pun duduk-duduk di teras rumahnya di kawasan Tahunan, Jepara. Namun siapa sangka, ia dan dua anaknya malah beruntung dapat melihat langsung supermoon dari teras rumah.

Supermoon diprediksi dapat dilihat dari beberapa lokasi di Indonesia. Sayang, banyak warga Yogyakarta tak dapat menyaksikan kejadian alam tersebut.

Sebab, cuaca mendung dan hujan gerimis menghalangi pemandangan. Hal itu sesuai dengan prediksi BMKG.

"Memang malam ini seluruh kabupaten dan kota di wilayah DIY mengalami hujan ringan. Awan tebal menghalangi pemandangan ke langit," kata Kepala BMKG DIY Tonny Wijaya.

Fenomena langka ini terjadi karena jarak bumi dengan bulan berada di titik terdekat dibandingkan waktu-waktu lainnya. Sehingga bulan purnama akan terlihat lebih besar, bulat penuh, dan terang benderang.

Fenomena supermoon terakhir terjadi pada tahun 1948. Diperkirakan, fenomena itu kembali terjadi pada tahun 2035.


(RRN)