Kemenag DIY Minta Jemaah Calhaj `Minum Jamu Jati Kendi`

Patricia Vicka    •    Selasa, 25 Jul 2017 14:03 WIB
haji 2017
Kemenag DIY Minta Jemaah Calhaj `Minum Jamu Jati Kendi`
Jemaah calhaj DIY berpamitan kepada Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Sebanyak 3.189 jemaah calon haji Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berpamitan kepada Gubernur DIY di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Jemaah calhaj DIY terdiri dari 1.171 laki-laki dan 1.317 perempuan dengan didampingi 45 petugas kloter.

Gubernur DIY yang dalam kesempatan ini diwakili Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X meminta kepada seluruh jemaah agar menggunakan kesempatan haji sebaik-baiknya serta mempersiapkan kondisi fisik, stamina, dan mental.

"Ibadah haji adalah amalan mulia yang memiliki kedudukan tinggi. Karenanya, diperlukan persiapan yang matang, baik secara fisik maupun mental. Semoga kualitas keimanan jemaah juga meningkat dan memberi manfaat bagi pembangunan negara," kata Paku Alam X dalam sambutannya, Selasa 25 Juli 2017.

Paku Alam X juga berpesan, agar jemaah iman dan taqwa jemaah bertambah. Sehingga, khusyuk dan khidmat selama menjalankan ibadah haji.

"Selamat jalan, semoga Allah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua," tutup Wagub.

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenag DIY M. Lutfi Hamid meminta jemaah caljah `minum jamu jati kendi`. Minum jamu jati kendi adalah singkatan dari minimkan untuk marah (minum), jaga mulut (jamu), jaga hati (jati), dan kendalikan diri (kendi).

"Kami berpesan kepada jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatannya, memperbanyak minum air, dan makan buah-buahan, termasuk kurma. Sehingga, staminanya terjaga dan tidak mengganggu ibadahnya," kata Lutfi.

Menurut Lutfi, jemaah calhaj 2017 dibekali dengan fasilitas tambahan berupa tikar mendong buatan warga Sleman. Tikar berbahan dasar daun mendong itu dapat menghangatkan tubuh pemakainya. Tikar mendong juga dapat dipakai sebagai alas salat atau tidur.

Seluruh jemaah calhaj DIY akan terbagi dalam sembilan kloter. Mereka mulai masuk ke asrama Donohudan di Boyolali, Jawa Tengah, pada Kamis 3 Agustus 2017.

Menurut jadwal, jemaah calhaj DIY akan terbang ke Tanah Suci mulai Jumat 4 Agustus 2017 hingga Sabtu 6 Agustus 2017.


(NIN)