Klaim Pembayaran BPJS Kesehatan di Semarang Telat

Mustholih    •    Kamis, 23 Nov 2017 16:16 WIB
bpjs kesehatan
Klaim Pembayaran BPJS Kesehatan di Semarang Telat
Ilustrasi kartu BPJS/ANT/Irwansyah Putra

Metrotvnews.com, Semarang: Rumah Sakit Roemani Semarang mengungkap klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada bulan ini mengalami keterlambatan pembayaran. Namun, keterlambatan yang baru kali ini terjadi dinilai masih dalam batas wajar.

"Kerjasama dengan BPJS selama ini baik-baik saja. Cuma bulan ini terlambat. Tapi masih kami tolerir. Terlambatnya belum lama, baru dua hari," kata Humas RS Roemani Semarang, Mardiah, kepada Metrotvnews.com, Semarang, Jateng, Kamis, 23 November 2017.

Mardiah menuturkan kerjasama Roemani dengan BPJS Kesehatan terjalin sejak badan tersebut berdiri pada 1 Januari 2014. Selama ini Roemani mengklaim biaya pengobatan ke BPJS Kesehatan per bulan sekitar Rp7,5 miliar. "Sejak pertama jalin kerjasama dengan BPJS tidak pernah ada keterlambatan," jelas Mardiah.

Baca: BPJS Kesehatan Beberkan Penanggulangan Defisit

Jadi, kata Mardiah, kerjasama Roemani dengan BPJS Kesehatan selama ini bisa dibilang baik. Namun, Mardiah menilai ada yang perlu dibenahi dalam pelayanan BPJS Kesehatan. "BPJS itu kebijakannya suka berganti-ganti. Ini harus disosialisasikan supaya masyarakat enggak bingung," jelas Mardiah.

Sebagai contoh tentang pelayanan kesehatan ibu melahirkan. Selama ini, kebijakan pelayanan kesehatan antara Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan belum singkron. "Ibu melahirkan kan harus diutamakan. Sementara sebelum bukaan lima belum bisa (dilayani). Itu kan bertolak bekakang antara Kemenkes dengan kebijakan BPJS," jelas Mardiah.

Contoh lain yakni tentang pelayanan kesehatan pasien yang menderita sakit asma. Sebelumnya, BPJS Kesehatan bisa diklaim biaya pengobatan pasien asma. "Tapi (belakangan) ternyata enggak bisa diklaim. Pergantian-pergantian itu kadang-kadang bingungkam kita di lapangan," tegas Mardiah.

Relatif bagusnya layanan pembayaran klaim BPJS Kesehatan ini dibenarkan Rumah Sakit Umum Pemerintah Dokter Kariadi, Semarang. Menurut Humas RS Kariadi, Widaryanto, RS Kariadi selama ini tidak menemukan kendala dalam pembayaran klaim BPJS Kesehatan. "Setahu saya lancar-lancar saja. Sebenarnya tergantung masing-masing rumah sakit," ujar Widaryanto singkat.




(ALB)