Ruas Tol Solo-Ngawi Ditarget Rampung Januari 2018

Pythag Kurniati    •    Rabu, 22 Nov 2017 22:36 WIB
infrastrukturjalan tol
Ruas Tol Solo-Ngawi Ditarget Rampung Januari 2018
Salah satu pintu tol Solo-Kertosono (pintu Klodran) saat digunakan sebagai jalur alternatif arus mudik lebaran. Foto: Metrotvnews.com / Pythag Kurniati

Solo: Tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Solo-Ngawi ditargetkan mulai beroperasi penuh pada Januari 2018. Ruas Solo-Ngawi akan dilengkapo lima pintu tol.

Lima pintu di berada di Ngasem (Kartasura), Klodran (Karanganyar), Kebakkramat (Karanganyar), Pungkruk (Sragen) dan gerbang tol Ngawi. Tahun depan, dua pintu tol akan dibuka yang salah satunya di Bandara Adi Soemarmo.

"Jadi nanti di depannya bandara (Adi Soemarmo) persis ada pintu ke tol Soker," ungkap Direktur PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) David Wijayatno, Rabu, 22 November 2017.

Pembangunan pintu tol dari Bandara Adi Soemarmo masih dalam tahapan pembebasan lahan. Proses pembebasan lahan diharapkan rampung pada Desember 2017.

"Sesuai target kami, April 2018 sudah selesai konstruksi, setelah itu baru bisa dioperasikan," terangnya.

Selain pintu tol melalui Bandara Adi Soemarmo, pintu lainnya yang akan dibuka tahun depan yakni di Jalan Raya Solo-Purwodadi. Tepatnya di kawasan Gondangrejo, Karanganyar.

Tol Soker yang merupakan bagian dari jalan tol Trans-Jawa memiliki panjang 178,6 kilometer. Ruas Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer dan ruas Ngawi-Kertosono sepanjang 88,35 kilometer.

Direktur Keuangan PT SNJ Yudhi Mahyudin menjelaskan, jalan tol ini akan mulai dioperasikan awal tahun 2018. Sebelum diresmikan, uji kelayakan oleh  Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR bakal dilaksanakan.

"Setelah uji kelayakan baru dioperasikan. Insyaallah kami harap Bapak Presiden yang akan meresmikan jalan tol ini," kata dia.


(SUR)