Gerindra Siapkan Mesin Partai Sambut Bakal Cagub Jateng

Mustholih    •    Selasa, 28 Nov 2017 07:43 WIB
pilgub jateng 2018
Gerindra Siapkan Mesin Partai Sambut Bakal Cagub Jateng
Logo Partai Gerindra, MTVN - Rakhmat Riyandi

Semarang: Partai Gerindra akan mengumumkan pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Partai pun menyiagakan mesin untuk memenangkan pasangan calon.

Ketua Partai Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid mengatakan penyeleksian nama sudah dilakukan. Rencananya, pengumuman pasangan calon disampaikan pada pekan pertama Desember 2017.

"Siapapun yang mendapat rekomendasi dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, mesin partai, koalisi, dan kader harus mendukung. Saat ini, partai koalisi sudah intens dan mengerucut," kata Wachid di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 27 Desember 2017.

Bahkan, lanjut Wachid, Prabowo akan menjadi juru kampanye dalam Pilgub Jateng 2017. Menurut Wachid, itu menjadi cara mendekatkan diri pada masyarakat.

Menurut Wachid, Gerindra menyeleksi dua nama sebagai bakal calon gubernur Jateng. Yaitu Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Yuliantono serta mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Wachid mengatakan, di pilgub Jateng, Gerindra menerapkan strategi yang sama dengan Pilgub DKI Jakarta 2017. Tujuannya, untuk memenangkan pemilihan.

"Pasangan calon kita yang semula paket hemat (di Jakarta) ternyata bisa menang. Ini yang akan kita terapkan di sini," ujar Wachid.

Di Pilgub DKI Jakarta, Gerindra mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Pasangan tersebut bersaing dengan dua pasang calon lain. Pasangan pertama yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang mendapat dukungan dari Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Romy, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan PAN.

Pasangan kedua yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Kandidat petahana mendapat dukungan dari PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, dan Partai Hanura.

Adapun pasangan Anies-Sandi didukung dua partai yaitu Gerindra dan PKS. Pasangan Basuki-Djarot dan Anies-Sandi melaju ke putaran kedua pemilihan suara Pilgub DKI 2017. Pasangan Anies-Sandi memenangkan pemilihan dengan mengantongi 57.95 persen dari 5.661.655 suara.


(RRN)