Eks Gafatar di Tegal Ikut Upacara HUT ke-72 TNI

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 05 Oct 2017 18:37 WIB
hut tni
Eks Gafatar di Tegal Ikut Upacara HUT ke-72 TNI
Beragam kelompok berbaur di dalam upacara peringatan HUT ke-72 TNI di lapangan Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Ada yang berbeda dalam peringatan HUT ke-72 tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini. Dalam peringatan itu, Komando Distrik Militer (Kodim) 0712 Tegal sengaja menghadirkan eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) untuk mengikuti upacara HUT TNI yang dihelat di Lapangan Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis, 5 Oktober 2017.  

Tak hanya eks Gafatar, Kodim juga mengundang eks Majelis Tafsir Alquran (MTA), eks Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), eks Jamaah Ahmadiyah dan keluarga eks Narapidana Teroris (Napiter).  

"Kami sengaja menghadirkan mereka untuk mengikuti upacara HUT TNI ini," kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0712 Tegal, Letkol Kav Kristiyanto.  

Mereka sengaja dihadirkan agar semakin berbaur dengan masyarakat lain, serta semakin menumbuhkan rasa cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. Menurut Dandim, semua warga negara Indonesia wajib membela negara.


Komandan Koramil 20 Bojong, Kapten lnf Fathurohman saat upacara peringatan HUT ke-72 TNI di lapangan Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi

Dalam kesempatan itu, Kodim juga memberikan kenang-kenangan kepada eks Gafatar dan lainnya, berupa topi NKRI sebagai bentuk kepedulian TNI dengan masyarakat. "Bersama rakyat TNI kuat. Jika kuat bersama rakyat, maka tidak ada yang berani menggangu, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Ini karena satu padu TNI manunggal dengan rakyat," tegas Kristiyanto.

Dalam upacara HUT ke-72 TNI yang mengambil tema ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’, dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan sejumlah daerah, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Selain itu, upacara juga diikuti Banser, gabungan Polsek, Hansip dan Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal. Danramil 20 Bojong, Kapten lnf Fatkhurohman, bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT ke-72 TNI ini.

Dalam upacara itu, Fatkhurohman menyampaikan amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, bahwa penyelenggaraan HUT TNI pada hakikatnya bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat. "Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis," katanya.  

Usai membacakan amanat, Fatkhurohman bersama Kepala Desa Rembul, Ibnu Efendi membagikan 50 paket bingkisan sembako kepada kaum dhuafa di wilayah sekitar.


(SUR)