Petugas Disdukcapil di Pekalongan Jemput Bola Lakukan Perekaman KTP-el

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 18 Nov 2017 12:58 WIB
e-ktp
Petugas Disdukcapil di Pekalongan Jemput Bola Lakukan Perekaman KTP-el
Petugas Disdukcapil melakukan perekaman data KTP-el di Desa Simego, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Pekalongan: Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kecamatan Petungkriyono melakukan jemput bola untuk perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di sejumlah desa. Hal ini dilakukan karena masih ada 147 warga belum melakukan perekaman data KTP-el.

Seorang petugas Disdukcapil Kecamatan Petungkriyono Teguh Riswanto mengatakan, Desa Simego menjadi lokasi pertama yang didatangi. Desa tersebut letaknya paling jauh dari kantor kecamatan.

Dibutuhkan waktu satu jam perjalanan untuk mencapai Desa Simego. "Kurang lebih ada 73 warga Desa Simego melakukan perekaman. Mereka kemudian diberikan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP-el yang belum jadi. Meskipun terkendala perangkat rekam yang kurang memadai, namun semuanya berjalan lancar," kata Teguh di Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat, 17 November 2017.

Teguh berharap, adanya upaya jemput bola ini dapat memotivasi masyarakat agar mau mengurus administrasi kependudukan (adminduk). Selain itu, warga juga lebih memahami pentingnya adminduk sebagai kebutuhan.

Lokasi selanjutnya yang didatangi adalah Desa Kayupuring. Berdasarkan data, pada Januari 2016-Oktober 2017 ada 80 warga wajib melaksanakan perekaman KTP-el. Dari jumlah tersebut, baru 32 orang yang telah melakukan perekaman.

"Saat di lokasi, kami mendapati ada warga yang belum terdaftar namun sudah memenuhi syarat perekaman KTP-el sebanyak 25 orang," ungkap Margono, petugas Disdukcapil.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Simego Didik Catur Puji mengatakan, masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya upaya jemput bola dari petugas Disdukcapil. "Selama ini, banyak warga enggan melakukan perekaman karena kurangnya kesadaran mengenai pentingnya kepemilikan KTP-el. Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat menjadi lebih peduli," katanya.


(NIN)