Pasar Waru Terbakar, Ratusan Kios Hangus Dilalap Sang Jago Merah

Deo Dwi Fajar Hari    •    Sabtu, 19 Nov 2016 07:32 WIB
kebakaran pasar
Pasar Waru Terbakar, Ratusan Kios Hangus Dilalap Sang Jago Merah
Petugas oemadam kebakaran tengah berjibaku menjinakkan api di Pasar Waru, Semarang. (Foto: MTVN/Deo Dwi Fajar Hari).

Metrotvnews.com, Semarang: Pasar Waru, yang terletak dekat dengan pemukiman warga dan rusunawa, Jalan Sawah Besar, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah, hangus terbakar dilalap si Jago Merah, Jumat 18 November 2016 malam.

Akibat terbakarnya Pasar Waru, sebanyak 310 lebih Kios hangus dan rata dengan tanah. Kejadian ini diprediksi menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.



Menurut keterangan saksi warga sekitar Ngadiyo, 39, kebakaran terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Mula api berasal dari belakang pasar. Warga yang tak jauh dari Pasar Waru pun berhamburan keluar.

"Saya cuma lihatnya dari depan rumah saya, tau-tau ada kobaran api dari belakang pasar. Langsung saya bunyikan kentongan. Satu jam kemudian, pemadam pada datang. Butuh waktu kira kira satu jam, api sudah dipadamkan," kata Ngadiyo di lokasi kejadian, Semarang, Jumat (18/11/2016) malam.



Wakil Wali Kota Semarang, Heavirita Gunaryati Rahayu menjelaskan, Dinas Pemadam Kebakaran Semarang menerjunkan 10 mobil damkar pada saat kejadian. Sementara untuk para pedagang yang menjadi korban, renacananya akan diletakkan sementara di sepanjang jalan pasar seraya pemerintah mencari lokasi pasar baru.

"Untuk para pedangang, sementara bisa berjualan atau berbenah di sepanjang jalan pasar, nantinya kita cari lah lokasi yang layak buat pedagang. Ini ada 310 kios yang terbakar, hampir semua hangus terbakar," tuturnya.

Diyakini, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun hingga kini, kepolisian masih terus mendalami termasuk penyebab terjadinya kebakaran tersebut.
 


(HUS)