Material Pembuat Bom Ditemukan di Lokasi Bom Paku Bantul

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 02 Nov 2016 13:22 WIB
bom meledak
Material Pembuat Bom Ditemukan di Lokasi Bom Paku Bantul
Proses olah TKP di sekitar lokasi ledakan bom di Bantul. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Bantul: Tim Gegana Polda DIY, Polres Bantul, dan Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah kembali mengolah tempat kejadian perkara di lokasi ledakan bom paku di Desa Sumber Karangnongko, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Rabu 2 November 2016. Di lokasi itu tim kembali menemukan sejumlah material logam.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bantul, AKP Anggaito Hadi Prabowo, mengatakan tim menemukan benda-benda seperti paku, pecahan kaca, dan kabel. Benda-benda tersebut diduga bekas ledakan dari bom yang diinjak kerbau milik Bardi Barto Atmojo, warga Pedukuhan Sawahan, Sumberagung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Selasa 1 November.

"Temuan-temuan hari ini hampir sama dengan kemarin. Ada paku, pecahan kaca, kabel. Kemarin ada juga tiga baterai yang ditemukan," kata Anggaito usai olah TKP.

Baca: Bom Paku Meledak di Bantul

Polisi belum bisa menyimpulkan hasil dari temuan-temuan itu. Anggaito mengatakan tim masih akan menyelidiki lebih lanjut. "Kami juga masih memeriksa saksi-saksi. Ada tiga saksi yang kami periksa. Mereka berasal warga sekitar lokasi ledakan," kata dia.

Selepas olah TKP lokasi ledakan bom, tim juga melihat kerbau penginjak bom yang sudah mati.

Baca: Kronologi Meledaknya Bom Paku di Bantul

Seekor kerbau menginjak bom yang diduga hasil rakitan di Bantul, Selasa 1 November. Akibatnya, kerbau mengalami luka karena material paku dan logam menancam di sekujur tubuhnya. Tim Gegana Polda DIY kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara. Dugaan sementara, bom yang meledak merupakan hasil rakitan.

Terbaru, kerbau milik Bardi Barto Atmojo itu mati di kandang di Pedukuhan Sawahan, Sumberagung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, sekitar pukul 23.00 WIB tadi malam.


(UWA)