Wali Kota Solo Siap Pecat ASN Pungli

Pythag Kurniati    •    Kamis, 13 Oct 2016 19:02 WIB
pungutan liar
Wali Kota Solo Siap Pecat ASN Pungli
Wali kota Solo FX Hadi Rudyatmo. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Perintah Presiden Joko Widodo memerangi pungutan liar langsung dijalankan beberapa pemerintah di daerah. Kota Solo, Jawa Tengah, salah satunya.

Komandan kota asal Jokowi itu bahkan bakal langsung memecat aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti melakukan pungli. "Kalau terbukti ada yang terlibat pungli, saya sikat. Kalau macam-macam, hari itu juga kita proses, pecat," ujar Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, di Balaikota, Kamis (13/10/2016).

Pemilik karib Rudy itu mengimbau masyarakat melapor jika menemui praktik pungli dalam pelayanan publik. "Tidak perlu ribet soal bukti, pokok e catet jeneng e (pokoknya catat namanya) dan laporkan saya," imbuhnya.

Upaya pemberantasan pungli, kata Rudy, sudah ada di Solo sejak lama. Hanya, namanya zona antikorupsi. Zona ini sudah diimplementasikan di Rumah Sakit Umum Daerah, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Badan Penananaman Modal Perizinan Terpadu (BPMPT) dan sebagainya.

Rudy mengaku bakal segera membentuk satgas anti-pungli, seperti kebijakan pusat. Pemerintah telah membentuk Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungli yang dipimpin Menkopolhukam Wiranto.

Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistiyanto mengatakan di Kota Solo ada dua pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, yakni pajak dan retribusi. Dia mengklaim telah memangkas birokrasi. Pertemuan pemohon dan termohon juga telah diminimalisasi. "Salah satunya dengan sistem online," tutup dia.


(SAN)