Siswa Terancam ISPA Akibat Pembangunan Tol Batang-Semarang

Iswahyudi    •    Rabu, 14 Sep 2016 18:47 WIB
tol
Siswa Terancam ISPA Akibat Pembangunan Tol Batang-Semarang
Proses pembangunan tol Batang-Semarang di Gringsing, Batang, Jateng. (Foto-foto: Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Batang: Proses proyek pembangunan Tol Batang-Semarang terus dikebut. Seperti yang terlihat di wilayah Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sejumlah truk dump lalu lalang membawa material galian tanah hingga menyebabkan debu berterbangan.

Dampaknya, aktivitas kegiatan belajar mengajar di SDN 1 Gringsing terganggu. Sekolah itu tepat berada di depan pembangunan jalan tol. Akibat debu-debu tersebut membuat sejumlah siswa kerap mengeluh sakit pada pernapasan. 

Baca: Warga Terdampak Tol Batang-Semarang Demo Kantor BPN Kendal

Hanifudin, 43, orangtua murid mengatakan, anaknya kerap mengeluh sakit pada tenggorokan dan pernapasan karena banyaknya debu beterbangan. 

“Saya khawatir terhadap kesehatan anak saya yang tiap hari mengeluhkan sakit di bagian tenggorokan dan pernapasan. Sebab, lokasi pembangunan jalan tol tepat berada di depan sekolahan,” kata Hanif, Rabu (14/9/2016).

Ia menuturkan, keluhan yang dirasakan anaknya tersebut juga dirasakan puluhan siswa lainnya. Bahkan, dia sempat membawa anaknya ke dokter. "Dokter menyarankan untuk mengenakan masker,” tutur Hanif.


SDN 1 Gringsing berada tepat di depan proyek Tol Batang-Semarang.

Sementara itu, Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Batang Ulul Azmi AP saat dikonfirmasi mengatakan, jika SDN 1 Gringsing juga terimbas terkena jalur proyek pembangunan jalan tol Batang-Semarang. Pihaknya sudah melakukan koordinasi untuk merelokasi sekolah tersebut.

“Proses relokasi SDN 1 Gringsing sudah kami koordinasikan,” kata Ulul.

Baca: Lantaran Ahli Waris, Lahan Tol Pemalang-Batang Dikonsinyasi

Terkait keluhan siswa-siswi, dia akan berkoordinasi dengan pelaksana proyek. Untuk menutup bak truk pengangkut material tanah.

Ulul juga menghimbau pihak sekolah agar seluruh siswa-siswinya mengenakan masker pelindung untuk menghindari dan mencegah timbulnya penyakit pernafasan.

Ruas tol Batang-Semarang membentang sepanjang 74,14 kilometer. Rinciannya, ada lima seksi. Yaitu, seksi I Batang-Batang Timur (3,5 kilometer), seksi II Batang Timur-Weleri (33,84 km), dan seksi III Weleri-Kendal (14,65 km).

Sedangkan seksi IV Kendal-Kaliwungu (12,1 km) dan seksi V Kaliwungu-Krapyak (10,05 km). Tol dibangun bersama oleh PT Jasa Marga dan PT Waskita Toll Road.

 


(SAN)