BI DIY Siapkan 98 Lokasi Penukaran Uang

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 16 May 2018 18:01 WIB
penukaran uang
BI DIY Siapkan 98 Lokasi Penukaran Uang
Ilustrasi uang, Medcom.id - M Rizal

Yogyakarta: Bank Indonesia Perwakilan DI Yogyakarta menyediakan 98 lokasi untuk warga menukarkan uang. Total uang tukaran yang disediakan BI DIY yaitu Rp7,9 triliun.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan DIY Budi Hanoto menjalin kerja sama dengan 40 bank untuk mendistribusikan uang.  Penukaran uang berlangsung mulai Ramadan hingga menjelang Idulfitri, mulai 15 Mei hingga 11 Juni 2018.

"Kami meminta perbankan untuk melayani masyarakat dengan baik dalam penukaran uang," kata Budi di kantornya pada Rabu, 16 Mei 2018. 

Sebanyak 31 lokasi penukaran uang dilakukan di beberapa titik strategis. Seperti pasar, kantor pemerintahan, kantor kelurahan, dan kantor kepolisian.

Selain itu, BI juga akan membuka kas keliling. Kas keliling itu bisa melayani penukaran uang pecahan untuk 100-200 orang. "Tiap orang (nilai penukaran uang pecahan) maksimum Rp3,7 juta. Dari Rp20 ribuan, Rp10 ribuan, Rp5 ribuan, dan Rp2 ribuan," kata dia. 

Budi meminta masyarakat bertransaksi penukaran uang di lokasi resmi. Hal ini untuk menghindari kesalahan hitung uang hingga kekurangan nilai tukar apabila terjadi. Selain itu, BI juga menerapkan penggunaan kartu identitas bagi si penukar uang pecahan. 

"BI juga melayani penukaran uang-uang yang dalam kondisi rusak. Biasanya uang yang cacat rusak saat ditarik (dari mesin ATM. Walaupun biasanya tidak banyak, tapi kami masih melayani," tuturnya. 

Ia memperkirakan, uang pecahan Rp7,9 triliun ini akan cukup karena realisasi ditahan lalu sekitar Rp5,5 triliun. "Kami kira perbankan juga akan hati-hati dalam mengeluarkan uang pecahan karena selain masa lebaran juga menghadapi masa libur panjang," cetusnya. 


(RRN)