700 Narapidana Dipindahkan Akibat Rob di Pekalongan

Akhmad Safuan    •    Jumat, 25 May 2018 08:31 WIB
banjir rob
700 Narapidana Dipindahkan Akibat Rob di Pekalongan
Pemindahan narapidana Lapas Kelas II A Pekalongan akibat rob. (ANT/Harviyan Perdana Putra)(

Pekalongan: Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan, Jawa Tengah, dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, dan sejumlah rumah tahanan. Pemindahan karena banjir rob melanda lapas yang dihuni 769 warga binaan, mencapai 1 meter. 

Pantauan Media Indonesia, hingga Kamis malam, 24 Mei 2018, proses pemindahan 700 warga binaan dikawal petugas Polres Pekalongan, Kodim Pekalongan, dan petugas lapas dengan senjata lengkap.  

Satu per satu narapidana berbagai macam kasus digiring masuk ke dalam bus yang diparkir di halaman lapas. Halaman lapas diketahui telah tergenang air rob setinggi 50 sentimeter.

"Sebanyak 500 warga binaan ini nanti akan dipindahkan ke LP Nusakambangan," kata Kepala Lapas Kelas IIA Pekalongan, Bawono Ika Sutomo, Kamis malam.

Sedangkan sisanya, dipindah ke beberapa rumah tahanan yang ada di Jateng, di antaranya Rutan Rowobelang Batang, Rutan Kalilohji Pekalongan dan lainnya.

Bawono menambahkan, pada malam sebelumnya sebanyak 61 warga binaan telah dipindahkan. Dia menuturkan, sebanyak lima blok sel tahanan telah terendam rob. Selain itu, juga ada tembok yang jebol sepanjang 40 meter di sisi barat.

"Kita juga meminta bantuan Brimob Pekalongan untuk mengamankan," ucapnya. 


(LDS)