Masih Ada Pengendara Lintasi Tol Darurat

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 06 Jul 2017 19:18 WIB
mudik lebaran 2017
Masih Ada Pengendara Lintasi Tol Darurat
Alat berat melakukan pengerjaan ruas Tol Brebes-Gringsing, di Tegal, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Pemanfaatan jalur Tol Brebes-Gringising untuk jalur darurat mudik dan balik Lebaran telah usai. Pelaksana proyek kembali mengerjakan proyek yang menjadi bagian tol trans-Jawa tersebut.

Pantauan di lapangan pada Kamis, 6 Juli 2017, aktivitas pengerjaan mulai berjalan. Sejumlah kendaraan truk pengangkut tanah uruk terlihat membongkar muatan di sekitar lokasi. Sejumlah alat berat juga tampak meratakan material urukan.  

Alan Sutisna, 50, salah satu pekerja mengatakan pascaditutup, dirinya langsung diperintahkan untuk memulai pekerjaan. Adapun pekerjaan yang dilakukan yakni mulai pengurukan di sejumlah titik.

"Sudah mulai, kalau saya tugasnya melakukan pengurukan," katanya, di lokasi pengerjaan Tol Brebes-Gringsing, di Kabupaten Tegal. 

Menurut Alan, meski telah ditutup, namun sejumlah kendaraan masih ada yang melintas di lokasi. Tentu saja, itu kadang menghambat pengerjaan.

Humas PT Waskita Karya Narendra Aryo Bramastyo mengatakan pembangunan jalan tol ruas Brebes-Gringsing sudah mulai dikerjakan sejak tiga hari lalu. Sejumlah kendaraan berat juga sudah mulai beraktivitas di areal jalan tol. Termasuk truk yang mengangkut tanah uruk. 

"Kita akan melanjutkan pemadatan dulu," ucapnya.

Dia mengimbau para pengendara supaya tidak melewati jalan tol darurat itu. Sebab, jika nekat melewati jalan tersebut, sangat berbahaya mengingat alat berat sudah mulai beraktivitas. Dia tidak ingin adanya musibah yang menimpa para pemudik. 

"Sebenarnya kami sudah menutup jalan tol darurat ini, tapi masih ada beberapa pengendara yang nekat melintas," tukasnya. 

Jalur darurat tol Brebes-Gringsing sepanjang 110 kilometer mulai dibuka mulai Senin, 19 Juni hingga 4 Juli 2017. Pemanfaatan jalur ini untuk mengurangi beban lalu lintas di lajur Pantura saat pekan Lebaran. Tol diproyeksi rampung tahun depan.




(SAN)