Warga Pekalongan Membatik Jalan Desa

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 16 Aug 2017 19:24 WIB
hut ri
Warga Pekalongan Membatik Jalan Desa
Warga sedang membatik jalan desa di Pekalongan, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Warga Dusun Sembung, Desa Kampil, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, beramai-ramai membatik jalan desa. Kegiatan dilakukan untuk menyambut HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Bukan cat biasa yang digunakan warga. Melainkan menggunakan pewarna batik yang biasanya diaplikasikan pada kain. 

"Jalan desa yang kami batik, panjangnya sekitar satu kilometer. Motifnya batik khas pesisir utara yang penuh dengan warna dan bercorak flaura-fauna," kata Fathoni, pemuda Desa Kampil, Rabu, 16 Agustus 2017.

Butuh sedikitnya 15 kilogram pewarna batik untuk memborehkan corak pada jalan sepanjang satu kilometer itu. Dana pembelian pewarna, seluruhnya swadaya. Termasuk dalam pengerjaan.

"Semua ikut membatik. Warga sini kan kebanyakan perajin batik, jadi warga berekspresi di jalanan," ujarnya.

Seluruh warga, tua-muda, pria-wanita bergantian membatik jalan. Pagi, siang, bahkan malam, mereka bergantian. Hingga proses batik jalanan rampung dalam sepekan.

Warga tampak telah terbiasa karena kegiatan ini telah rutin dilakukan sekali setahun. "Tahun ini sudah yang kelima kalinya," tambahnya.

Eni, salah satu warga mengaku senang dengan kegiatan membatik jalan beraspal di kampungnya. Selain bisa berkresi, dengan membatik bisa untuk mempertahankan simbol Pekalongan, sebagai kota batik.


(SAN)