Pilkada Tegal, PKB Kemungkinan Tetap Usung Petahana

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 14 Jul 2017 12:03 WIB
pilkada 2018
Pilkada Tegal, PKB Kemungkinan Tetap Usung Petahana
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Tegal: Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tegal masih satu tahun lagi. Sejumlah nama yang siap maju di pesta demokrasi pilkada itu, mulai bermunculan. Begitu pula partai, mereka bergerilya mencari bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang akan diusungnya.

"Kalau dilihat di media sosial dan perbincangan elit politik, ada beberapa pasangan dan calon yang sudah bermunculan," kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Kabupaten Tegal, Agus Salim, saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat, 14 Juli 2017.

Menurutnya, perbincangan yang paling sering dijadikan obrolan para politikus di Kabupaten Tegal, diantaranya pasangan petahana Entus Susmono-Umi Aziah, Haron Bagas Prakosa (mantan Sekda Kabupaten Tegal)-Rustoyo (Ketua DPC PDIP Kabupaten Tegal), Nurul Arifin (artis)-Agus Solichin (Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tegal), Rusbandi (pengusaha asal Tegal)-Wasari (Ketua PCNU Kabupaten Tegal).

Serta beberapa calon yang belum diketahui pasangannya yakni, dokter Edi Utomo (Direktur PO Dewi Sri), Hutri Agus Mardiko (Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari PDIP dan istri dari Anggota DPR RI Dewi Aryani), dan Rita (Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tegal). 

Namun begitu, pasangan calon tersebut, hingga kini belum ada keputusan pasti. Sebab, belum ada satupun partai yang telah mendeklarasikan untuk mengusung nama-nama tersebut. 
 
"Saya senang banyak balon bupati dan wakil yang bermunculan. Ini akan memberikan banyak pilihan bagi masyarakat," ujar Agus Salim yang juga menjabat Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Tegal itu.
 
Bendahara DPC PKB Kabupaten Tegal itu, menuturkan, dinamika politik di Kabupaten Tegal memang semakin menghangat dengan banyaknya balon bupati dan wakil yang mulai bersosialisasi ke masyarakat. Hal itu terlihat pada spanduk dan baliho selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Meski secara terang-terangan belum mencantumkan sebagai balon bupati atau wakil, tapi sejumlah partai sudah mulai melakukan pendekatan.
 
"Kalau PKB kemungkinan besar masih tetap mengusung Enthus-Umi. Kami menunggu rekomendasi DPP," ujar Ketua Fraksi PKB itu.

Dia menambahkan, beberapa partai politik di Kabupaten Tegal, memang sudah ada yang membuka pendaftaran calon bupati dan wakilnya. Tapi, untuk tahapan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal belum dimulai.
 
"Waktunya masih panjang, dan dinamika politik bisa berubah sewaktu-waktu," ujarnya.



(ALB)