#SaveRohingya Kumpulkan Donasi dari 9.500 Peserta Aksi

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 08 Sep 2017 19:10 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
#SaveRohingya Kumpulkan Donasi dari 9.500 Peserta Aksi
Aktivitas penggalangan dana di tengah massa aksi #SaveRohingya. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Magelang: Panitia aksi #SaveRohingya di Masjid An-Nur Magelang, Jawa Tengah, Jumat, 8 September 2017, menggalang dana dari peserta aksi. Panitia mengklaim berhasil mengumpulkan donasi berasal dari 9.500 peserta.

Ketua Panitia Aksi, Anang Imanuddin, mengatakan peserta aksi terpaksa dibagi dua karena keterbatasan tempat. Sekitar 4.500 orang di dalam masjid, dan sekitar 5.000 orang di halaman masjid. Dia meyakini potensi donasi masih lebih besar.

"Sebetulnya masih ada ribuan yang tidak diperbolehkan polisi masuk ke Magelang," kata Anang saat ditemui di Masjid An-Nur.

Ada banyak massa aksi yang memang tak diizinkan masuk wilayah Magelang. Sebagian peserta dihentikan di perbatasan Magelang-Sleman, Yogyakarta. Bahkan polisi menyuruh sejumlah massa balik arah.

(Klik: Massa #SaveRohingya dari Klaten ke Magelang Diminta Balik Kanan)

Kepala Polres Magelang, AKBP Hindarsono, mengatakan Masjid An-Nur tak bisa menampung banyak massa. Sehingga, katanya, polisi meminta agar sebagai massa melakukan salat Jumat di masjid lain.

"Tapi kami tetap berharap aksi berjalan lancar dan baik, sampai massa sampai di rumah masing-masing," ujar Hindarsono

Panitia #SaveRohingya masih bakal terus mengumpulkan donasi untuk membantu muslim Rohingnya di Myanmar. Namun, panitia belum menentukan kapan dan sarana apa yang akan digunakan untuk pengiriman dana solidaritas itu.

(Baca: Polisi Periksa Ketat Pengendara Tujuan Magelang)

 


(SUR)