Kerja Sama Dua RS di Kudus Urung Diputus

Rhobi Shani    •    Kamis, 10 Jan 2019 13:46 WIB
bpjs kesehatan
Kerja Sama Dua RS di Kudus Urung Diputus
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Kudus: Dua rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kudus urung diputus kontrak. Keduanya yaitu RS PKU Muhammadiyah Mayong Kabupaten Jepara dan RS Kartika Husada Kabupaten Kudus.

Kabid Sumber Daya Manusia dan Umum BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kudus Rahmadi Dwi menyampaikan, kedua rumah sakit itu belum terakreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga awal Desember 2018. Namun, akreditasi keluar di akhir Desember 2018.

RS Kartika Husada maupun RS PKU Muhammadiyah Mayong merupakan rumah sakit tipe D. “Jadi kerja sama bisa dilanjutkan lagi pada Januari 2019,” ujar Rahmadi, Kamis, 10 Januari 2019.

Akreditasi menjadi acuan BPJS Kesehatan dalam menjalin kerja sama. Rumah sakit yang sudah terakreditasi Kemenkes dinilai layak dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Rumah sakit tidak bisa menerima pasien BPJS ketika kontrak kerja sama rumah sakit diputus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun menyatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat rekomendasi kepada RS PKU Muhammadiyah Mayong. Dia optimistis kerja sama dengan BPJS Kesehatan tidak diputus.

“Tinggal menunggu tanda tangan saja, semuanya sudah beres,” ucap Mundrikatun.

Direktur RS Kartika Husada Anggoro membenarkan jika lembaga kesehatan yang dia pimpin semula belum terakreditasi pada awal Desember 2018. Namun hal itu tak jadi soal sebab akreditasi dari Kemenkes telah keluar pada akhir Desember 2018.

“Sampai saat ini kerja sama dengan BPJS Kesehatan masih berlangsung,” tandas  Anggoro.


(SUR)