Jawa Tengah Kirim 119 Relawan Bencana ke Palu

Mustholih    •    Sabtu, 06 Oct 2018 16:21 WIB
Gempa Donggala
Jawa Tengah Kirim 119 Relawan Bencana ke Palu
Reruntuhan rumah di Perumnas Bala Roa, Palu, akibat gempa bumi yang melanda Kota Palu. Foto: Antara/Darwin Fatir.

Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengirimkan 119 relawan bencana ke Palu, Sulawesi Tengah. Mereka dikerahkan untuk membantu para korban bencana gempa dan tsunami.

"Mereka di sana selama seminggu. Kami akan mendirikan hunian sementara sebanyak 100 unit, layanan kesehatan, layanan air bersih, distribusi logistik dan pembuatan dapur umum," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sarwa Pramana, Semarang, Sabtu, 6 Oktober 2018.

Bersama rombongan relawan bencana itu, Pemprov Jateng juga mengirimkan bantuan, antara lain, uang tunai, obat-obatan, makanan, air bersih, dan dokter.

Menurut Sarwa, bantuan uang tunai untuk korban bencana di Palu berasal dari dari BPBD Jateng Rp450 juta, gabungan pengusaha farmasi obat-obatan senilai Rp462 juta, dan yayasan kesehatan Telogorejo Rp150 juta. Bank Jateng dan Korpri masing-masing memberikan bantuan senilai Rp175 juta untuk pembuatan hunian sementara. 

"Dari Dinas Kesehatan yang mengirimkan tenaga medis, obat-obatan serta peralatan rumah sakit. NTMC Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro Rp200 juta. Polda Jateng yang mengirimkan tiga truk bantuan total Rp300 juta," terang Sarwa.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang melepas rombongan relawan berangkat ke Palu menyatakan terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan bantuan untuk korban bencana di Palu.  Ganjar berpesan kepada para relawan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jangan sampai kehadiran mereka di Palu justru malah merepotkan orang lain. 

"Saya tekankan, tolong relawan tidak boleh ngrepoti. Kawan-kawan relawan yang akan berangkat ini harus memiliki kemampuan untuk menolong dan harus memiliki bekal yang cukup selama proses di sana," jelas Ganjar.



(ALB)