Bupati Kulon Progo Dapat Bupati Enterpreneur Award 2018

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 06 Dec 2018 12:39 WIB
pemerintah daerah
Bupati Kulon Progo Dapat Bupati Enterpreneur Award 2018
Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo saat mewakili menerima penghargaan Bupati Enterpreneur Award 2018 dari Philip Kotler Center For ASEAN Marketing. Foto: Humas Pemkab Kulon Progo

Kulon Progo: Bupati Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hasto Wardoyo menerima penghargaan Bupati Enterpreneur Award 2018 dari Philip Kotler Center For ASEAN Marketing. Penghargaan itu diberikan di Jakarta pada Rabu, 5 Desember 2018. 

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, mengatakan menerima penghargaan itu. Ia mewakili Hasto yang berhalangan hadir. 

"Di acara itu ada Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga; Prof. Kim Ki Chan Distinguis Proffesor George Washington University yang berasal dari Korea , yang punya misi menggerakkan small business dan entrepreneurship, dan bupati/wali kota yang mendapat penghargaan," kata Seutedjo, Kamis, 6 Desember 2018. 

Menurut Sutedjo, pemilihan bupati yang layak dapat penghargaan dilihat dari keberhasilan dalam menjalankan program entrepreneur. Ia mengatakan, kerja kepala daerah yang menjalankan program entrepreneur harus berani melihat oportunity dan pengambilan risiko. 

"Bukan hanya kalau dia (kepala daerah) bisa melihat oportunity dan mengambil resiko, tapi juga harus bisa berkolaborasi dengan orang lain," ungkapnya. 

Sutedjo menilai, kepala daerah yang menjalankan program entrepreneur akan melakukan pembangunan tidak hanya bergantung hanya pada APBD. Kepala daerah, kata dia, harus berusaha dan bekerja bagaimana mencari rekanan dengan tidak melanggar hukum.

"Penjurian panjang lewat audiensi dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah, dan klarifikasi dengan tim Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, terkait ada tidaknya kasus hukum, lama menjabat, dan pencapaian minimal status tinggi untuk penilaian kinerja oleh Kementerian Dalam Negeri. Pak Hasto akhirnya diputuskan menerima penghargaan itu," ucapnya. 

Ia menambahkan, ada 16 bupati lain yang menerima penghargaan Innovation Network of Asia (INA) Entrepreneur Award 2018. Mereka ialah, Bupati Banjar, Banyuwangi, Bogor, Bone Bolango, Gunungkidul, Hulu Sungai Selatan, Karanganyar, Karawang, Ngawi, Situbondo, Sleman, Trenggalek, Tuban, Pasuruan, Boyolali dan Bupati  Sukabumi. 

"Lalu ada 18 wali kota juga yang menerima penghargaan," kata dia.



(ALB)