Ganjar Pastikan Pemkab Jepara Tak Akan Lumpuh

Mustholih    •    Jumat, 07 Dec 2018 10:37 WIB
penggeledahan
Ganjar Pastikan Pemkab Jepara Tak Akan Lumpuh
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Medcom.id - Rhobi Shani

Semarang: Bupati Jepara Ahmad Marzuqi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penetapan status pada Marzuqi dinilai tak akan membuat roda pemerintahan di Jepara, Jawa Tengah, lumpuh.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan pemerintahan di Jepara tak akan lumpuh. Sebab sistem pemerintahannya sudah jelas.

"Kalau sistem sangat jelas, tentu tak akan lumpuh pemerintahannya," kata Ganjar di Semarang, Jateng, Jumat, 7 Desember 2018.

Lagi pula, ujar Ganjar, Marzuqi masih dapat menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah karena KPK tak menahannya. Ganjar juga meminta KPK untuk mengusut kasus tersebut.

"Kalau sudah seperti itu sebenarnya tinggal diserahkan kepada penegak hukum saja. Beliau ini indikasinya menyuap hakim, benar atau tidak nanti di persidangan kita bisa lihat," terang Ganjar.

Bila pun ada penahanan, kata Ganjar, pemerintah pusat akan mengeluarkan surat pemberhentian sementara pada Marzuqi. Wakil Bupati Dian Kristiandi akan menjalankan fungsi sebagai pemimpin pemerintahan kabupaten. 

Baca: Marzuqi Tak Tahu Status Hukumnya di KPK

KPK menetapkan Marzuqi sebagai tersangka pemberi suap pada Hakim Pengadilan Negeri Semarang, Lasito. Diduga, Marzuqi memberikan uang Rp700 juta pada Lasito terkait pengurusan putusan praperadilan dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik Kabupaten Jepara.

Terkait kasus dana bantuan politik, Ganjar pernah bertanya langsung kepada Marzuki. Ganjar menanyakan seputar penggunaan anggaran dana bantuan politik saat itu. 

"Mereka merasa sudah sesuai ketentuan. Terkait cara mencatatnya benar apa tidak, karena sudah berproses, ini menjadi isu hangat di Jepara. Sampai ada isu baru suap hakim, saya kira isu yang dulu," ungkap Ganjar.


(RRN)