Pemkab Jepara Kebut Penataan Infrastruktur Objek Wisata

Rhobi Shani    •    Rabu, 19 Dec 2018 13:45 WIB
objek wisata
Pemkab Jepara Kebut Penataan Infrastruktur Objek Wisata
Sejumlah pekerja di objek wisata Pantai Bandengan Jepara, Jawa Tengah.

Jepara: Pekerjaan penataan di objek wisata Pantai Bandengan dikebut. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memastikan akhir pekan ini semua pekerjaan penataan rampung.

Sekretaris Disparbud Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza menyampaikan, anggaran sebesar Rp15 miliar digelontorkan untuk penataan objek wisata Pantai Bandengan. Itu untuk penataan kios, taman, wahana permainan, gedung pertemuan, dan pedestrian. Saat ini, pekerjaan penataan sudah dalam tahap penataan keramik dan pengecetan.

“Semua sudah rampung tinggal beberapa hari saja. Memasang keramik dan mengecat. Saat libur natal dan akhir tahun semua sudah selesai,” ujar Zamroni, Rabu, 19 Desember 2018.

Zamroni menyampaikan, selain di objek wisata Pantai Bandengan, penataan juga dilakukan di sejumlah objek wisata lainnya. Itu seperti museum Kartini dan Pantai Kartini. Anggaran yang dikeluarkan untuk menata objek wisata di Kabupaten Jepara sebesar Rp31 miliar. Anggaran itu bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), dana alokasi khusus (DAK), dan bantuan provinsi (Banprov).

“Anggaran itu hanya untuk penataan fisik saja,” kata Zamroni.

Pantauan Medcom.id di objek wisata Pantai Bandengan, deretan kios sudah selesai pembangunannya. Begitu juga gedung pertemuan yang berada di sisi selatan parkiran bus wisata juga sudah rampung. Namun, belasan pekerja masih nampak menyelesaikan pekerjaan penataan taman dan pedestrian. Ada yang mengecat, ada yang memasang keramik.

Terpisah, Menejer Objek Wisata Pantai Kartini, Joko Wahyu Sutejo menyatakan, semua pekerjaan penataan sudah selesai. Itu seperti penataan kios dan kolam kecek. Sementara, penataan panggung hiburan masih belum selesai.

“Masih tinggal panggung saja. Minggu depan sudah selesai,” tandas Joko.    
 


(ALB)