Mantan Tahanan Politik Hadiri Sidang Praperadilan Mahasiswa Papua

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 22 Aug 2016 15:14 WIB
papua
Mantan Tahanan Politik Hadiri Sidang Praperadilan Mahasiswa Papua
Filep Karma, MTVN - Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Sleman: Filep Jacob Samuel Karma hadir dalam sidang gugatan praperadilan penetapan mahasiswa Papua, Obby Kogoya, sebagai tersangka tindak kekerasan. Pria yang akrab disapa Filep Karma itu merupakan mantan tahanan politik yang sudah menuntaskan masa kurungannya.

Filep hadir dan duduk di kursi pengunjung di Pengadilan Negeri Sleman, DI Yogyakarta, Senin 22 Agustus. Ia turut menyaksikan hingga sidang berakhir sekira pukul 12.00 WIB.

"Saya memberi dukungan moril kepada LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Yogyakarta yang membela Obby," kata Filep usai menyaksikan sidang.

Filep berharap hakim memutuskan keputusan yang adil untuk Obby. Sebab Obby mendapat perlakuan tak adil saat polisi mengepung Asrama Mahasiswa Papua di Yogyakarta pada 15 Juli lalu.

Baca: Polisi Bersiaga di Depan Asrama Mahasiswa Papua di Yogyakarta

Namun Polda DIY menganggap Obby melawan saat peristiwa pengepungan itu. Polda lalu menetapkan Obby sebagai tersangka tindak pidana kekerasan. 

Filep Karma merupakan tahanan politik karena mengibarkan bendera Bintang Kejora dalam sebuah upacara di Jayapura, Papua. Pada 2004, Filep dihukum penjara selama 15 tahun di Penjara Abepura, Jayapura. Setelah menjalankan hukuman selama 10 tahun, Filep dibebaskan.

Persidangan gugatan praperadilan Obby Kogoya kepada Polda DIY adalah yang pertama sejak gugatan dilayangkan pekan lalu. Sidang pertama yang berlangsung dua jam itu mengagendakan penbacaan materi gugatan. Sidang lanjutan bakal digelar, Selasa 23 Agustus dengan agenda jawaban dari Polda DIY.




(RRN)