Pemkab Gunungkidul Mulai Siapkan Pupuk untuk Petani

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 01 Oct 2017 19:07 WIB
subsidi pupuk
Pemkab Gunungkidul Mulai Siapkan Pupuk untuk Petani
Proses pengolahan pupuk -- ANT/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai menyiapkan pupuk bagi para petani. Hal ini dilakukan lantaran wilayah Gunungkidul mulai diguyur hujan dan diperkirakan segera memasuki musim tanam.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Bambang Wisnubroto menuturkan, instansinya menyiapkan berbagai jenis pupuk untuk para petani. Berbagai pupuk nonsubsidi yang disiapkan, di antaranya NPK, SP36, dan ZA.

"Pupuk yang kami sediakan sudah mulai diserap para petani," kata Bambang di Gunungkidul, Minggu 1 Oktober 2017.

Menurut Bambang, jumlah ketersediaan pupuk dan keterserapan tidak sama. Misalnya, pupuk NPK yang tersedia 5.194 ton sudah terserap 38 persen atau 1.985 ton.

Sementara, pupuk SP36 yang disediakan 8.800 ton kini sudah terserap 51 persen. Sedangkan, pupuk ZA dengan ketersediaan 935 ton telah terserap 49 persen atau 461 ton.

"Kami juga menyediakan pupuk jenis Petrogenik sebanyak 1.022 ton. Tapi, pupuk ini baru terserap 18 persen atau 193 ton, karena para petani bisa membuat sendiri," ucapnya.

Bambang menjelaskan, pihaknya juga menyediakan pupuk bersubsidi sebanyak 637,5 ton. Pupuk tersebut bisa memenuhi kebutuhan petani dengan total lahan seluas 2.745 hektare.

Pupuk bersubsidi yang sudah disiapkan diakui Bambang belum semuanya terserap. Hingga saat ini, petani yang sudah mengakses pupuk bersubsidi dari Kecamatan Karangmojo, Ngawen, Patuk, dan Semin.

"Kita sarankan pupuk bersubsidinya segera diakses sebelum musim hujan," kata dia.

Suwito, petani di Kecamatan Playen, mengatakan, sudah mulai menyiapkan lahan untuk bercocok tanam. Lahan tersebut sebelumnya ditanami jagung.

"Tanamannya hanya bisa kami berikan ternak, kan musim kemarau. Sekarang lahan saya siapkan untuk bercocok tanam lagi. Ini kata orang Jawa setempat sudah masuk awal musim hujan," ujar dia.


(NIN)