Daerah Tunggu Instruksi Pemutaran Film G30S PKI

Rhobi Shani    •    Minggu, 17 Sep 2017 16:25 WIB
peringatan g 30 s pki
Daerah Tunggu Instruksi Pemutaran Film G30S PKI
Liang yang digunakan untuk mengubur Brigjen Katamso dan Kol Sugiyono dalam peristiwa G30S di Monumen Pahlawan Pancasila, Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Jepara: Kodim 0719 Jepara, Jawa Tengah, belum merencanakan memutar film G30S PKI. Sampai saat ini, Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki belum menerima surat resmi dari bagian penerangan TNI.
 
“Saya baca di media memang ramai rencana pemutaran (film G30SPKI) itu. Tapi sampai sekarang saya belum menerima surat resmi,” ujar Basuki, Minggu 17 September 2017.
 
Basuki bilang, jika pihaknya mendapat pemberitahuan resmi, maka pemutaran film G30S PKI akan dilakukan di seluruh Koramil di Jepara. Penonton yang disasar adalah masyarakat umum, khususnya generasi muda. Itu dengan tujuan agar mengetahui secara gamblang sejarah perjalanan bangsa ini.
 
“Film yang diputar yang diproduksi dulu sekitar tahun 1980an, bukan film tentang PKI yang diproduksi belakangan ini,” kata Basuki.
 
Baca: Mendagri Persilakan Pemutaran Film G30S/PKI

Senada disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jepara Mulyaji. Hingga saat ini pemerintah Kabupaten Jepara belum meneriman surat edaran dari pemerintah pusat berkait pemutaran film G30S PKI. Pihaknya juga belum berkoordinasi dengan TNI dan Polisi berkait ramainya pemberitaan rencana pemutaran film G30S PKI.
 
“Kami belum menerima, jadi kami belum bisa berbuat banyak,” ungkap Mulyaji.
 
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengizinkan pemutaran film penumpasan peristiwa Gerakan 30 September atau G30S/PKI. Menurut Tjahjo, pemutaran film dimaksudkan sebagai pengingat bahwa pernah terjadi peristiwa pemberontakan di tanah air dan berhasil ditumpas oleh para pahlawan Indonesia.

(ALB)