Longsor Sebabkan Pipa PDAM Rusak, 2.050 KK Kesulitan Air Bersih

Patricia Vicka    •    Rabu, 12 Oct 2016 17:16 WIB
longsor
Longsor Sebabkan Pipa PDAM Rusak, 2.050 KK Kesulitan Air Bersih
Salah satu saluran pipa yang bocor. Foto: Twitter TRC BPBD DIY

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Bencana tanah longsor di tebing sisi barat jembatan Plunyon Kali Kuning, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Selasa 11 Oktober 2016, menyebabkan saluran pipa PDAM bocor. Akibatnya, sekitar 2.050 kepala keluarga tak bisa mengakses air bersih.

Kordinator Pemantauan Potensi Bencana Tim reaksi Cepat BPBD DIY, Krisnadi, menjelaskan longsor yang terjadi menimbun dan merusak saluran PDAM di tiga wilayah, yakni PDAM Tirto Gondang Kaliurang Sleman, PDAM Umbulharjo Kota Yogyakarta, dan PDAM Pangoan Rangkah Parang Kendal. 

"Pipa PDAM Sleman yang rusak yakni yang ke Tirto Gondang Kaliurang yang melayani 200 KK. PDAM Umbulwadon 1.500 KK, dan pipa hydran ke warga Pangoan Rangkah Parang Kendal 350 KK," ujar Krisnadi saat dihubungi, di Yogyakarta, Rabu (12/10/2016).

Pantauan Metrotvnews.com, PDAM Sleman pun telah menginformasikan adanya kerusakan ini melalui twitter @PDAMsleman. 

"Mohon maaf apabila aliran air bersih terganggu dikarenakan pipa dari mata air Umbulwadon yang ada di Cangkringan putus akibat terkena longsor," kata akun PDAM Sleman.

Selain pipa PDAM, longsor juga mengakibatkan saluran air di salah satu talud tertutup. Hal ini menyebabkan air tak dapat mengairi beberapa saluran irigasi. 

Longsor di Cangkringan Sleman terjadi akibat hujan besar yang mengguyur wilayah Sleman sedari siang kemarin. Tim SAR, BPBD Sleman, dan PDAM Sleman bekerja bakti membersihkan dan memperbaiki pipa-pipa yang rusak.


(UWA)