Tes Perangkat Desa di Kendal Terkendala Masalah Teknis

Iswahyudi    •    Minggu, 17 Dec 2017 17:28 WIB
Tes Perangkat Desa di Kendal Terkendala Masalah Teknis
Beberapa peserta tes perangkat desa di Kendal, Jawa Tengah, menanti jadwal tes yang terpaksa molor karena sejumlah kendala teknis. Foto: Medcom.id/Iswahyudi

Kendal: Pelaksanaan  tes perangkat desa secara serentak di Kabupaten Kendal digelar hari ini, Minggu 17 Desember 2017. Tes yang digelar di 27 sekolah ini tidak berjalan mulus karena tersandung sejumlah permasalahan teknis.

Tes diselenggarakan oleh Lembaga  Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Jateng ini sempat molor karena banyak kartu peserta yang belum. Gara-gara kartu nomor peserta terlambat dibagikan, tes yang jadwalnya dimulai pukul 08.00 WIB baru bisa dimulai sekitaar satu jam kemudian.

Kendala teknis ini salah satunya terjadi di SMK Negeri 1 Kendal. "Nomor pesertanya terlambat dibagikan, sehingga waktunya terpaksa mundur," kata petugas dari Pemkab Kendal Andi.

Tes berjalan lancar walau ada beberapa komputer peserta mengalami gangguan. Hal ini terjadi karena peserta memulai salah satu bagian tes tanpa menunggu instruksi panitia.

Gangguan juga terjadi saat penilaian. Seharusnya nilai Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) langsung muncul di layar. Namun, beberapa peserta hanya dapat melihat nilai TKD. Setelah satu jam tes usai, nilai TKB beberapa peserta tak kunjung muncul.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kendal Wahyu Hidayat mengatakan 3.788 pelamar mendaftar untuk ikut tes perangkat desa. Sebany 3.635 peserta lolos seleksi administrasi dan mengikuti tes memperebutkan 537 posisi yang tersebar di 240 desa untuk 19 kecamatan.

Jabatan itu mulai dari Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan, Kasi Pelayanan, Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan, Kaur TU dan Umum, Kaur Keuangan, Kaur Perencanaan, Kaur Perencanaan dan TU serta Kepala Dusun.

''Tahun 2018 akan digelar seleksi lagi untuk mengisi 25 jabatan,'' kata Wahyu Hidayat
(SUR)