Jokowi: Polri Empat Besar Lembaga Terpercaya

Mustholih    •    Senin, 09 Oct 2017 13:49 WIB
polripresiden jokowi
Jokowi: Polri Empat Besar Lembaga Terpercaya
Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian -- ANT/Agus Suparto

Metrotvnews.com, Semarang: Presiden Joko Widodo mengaku bangga dengan prestasi yang dicapai Kepolisian Republik Indonesia dalam aspek pelayanan publik. Institusi yang dipimpin Jenderal Tito Karnavian tersebut kini menduduki empat besar lembaga negara yang dipercaya masyarakat.

"Saya senang sekali public trust pada Polri naik menjadi empat besar. Angkanya 78. Ini angka yang sangat tinggi," kata Jokowi saat membuka apel Kepala Satuan Wilayah Polri se-Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, Senin 9 Oktober 2018.

Jokowi mengatakan, Polri harus mampu terus meningkatkan pelayanan publik. "Ini penting sekali, baik urusan SIM (Surat Izin Mengemudi), SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan lain-lain. Siapkan semua dengan proses-proses digitalisasi yang cepat," lanjutnya.

Persiden mengingatkan, agar Jenderal Tito Karnavian tidak berbangga diri dengan keberhasilannya menaikkan public trust terhadap Polisi. Polri harus terus mampu memberi pelayanan yang cepat terhadap masyarakat.

"Saya tidak mau Kapolri berhenti di angka ini, naikkan lagi di atas angka 80. Ini sudah ada kepercayaan, jangan sampai kepercayaan rusak gara-gara satu atau dua oknum. Kecepatan pelayanan kita dalam melayani masyarakat menjadi kunci," jelas Jokowi.

Jenderal Tito Karnavian mengakui, awal 2016 tingkat kepercayaan publik terhadap Polisi begitu rendah. "Awal-awal 2016 termasuk tiga terendah," kata dia.

Untuk menaikkan kepercayaan di mata masyarakat, Tito melakukan sejumlah gebrakan. Antara lain, meningkatkan kinerja anggota Polri dan menekan budaya korupsi di tubuh Kepolisian.

"Kita melakukan langkah-langkah seperti tingkatkan kinerja, menjaga konflik sosial tidak terjadi, penanganan teroris, narkoba dengan cepat. Budaya koruptif ditekan semaksimal mungkin," tegas Tito.


(NIN)