Pemimpin DIY Belum Ngantor di H+1 Pelantikan

Patricia Vicka    •    Rabu, 11 Oct 2017 14:06 WIB
pelantikan gubernuryogyakarta
Pemimpin DIY Belum Ngantor di H+1 Pelantikan
Tugu Yogyakarta. Foto: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sehari usai pelantikan, Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X belum kembali "ngantor". Hal serupa juga tampak di ruang Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Tak ada aktivitas pemerintahan di ruangan kerja Kantor Kepatihan di jalan Malioboro Yogyakarta. Tamu- tamu pemerintahan juga belum berkunjung.

Sekretaris Daerah Pemda DIY, Gatot Saptadi menjelaskan Wakil Gubernur dan keluarga masih berada di Jakarta. "Beliau tiba di sini diperkirakan siang ini. Lalu langsung menuju Puro Pakualaman," ujar Gatot di Kepatihan Rabu, 11 Oktober 2017.

Gatot melanjutkan kedua pemimpin DIY pulang secara terpisah. Jadwal pelantikan yang mendadak membuat keduanya sulit mendapatkan penerbangan di jam dan hari yang sama. Namun ia memastikan kegiatan pemerintahan tidak terganggu dengan ketidakhadiran Wakil Gubernur.

"Ya karena dadakan kami hanya bisa mengusahakan seperti itu. Tapi, kerjakan enggak harus ke kantor," kata Gatot.

(Klik: Agenda Pelantikan Gubernur DIY Terkesan Kurang Tertata)

Sementara  Gatot melanjutkan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku buwono X telah tiba di Yogyakarta, Selasa 10 Oktober malam.

Menurut keterangan staf Gubernur yang tak mau disebutkan namanya, pagi tadi HB X sempat ngantor sebentar ke Kepatihan. Tak lama kemudian ia kembali pulang ke Keraton Yoggakarta.

"Ngarso Dalem (Sultan HB X) dan keluarga tiba subuh tadi jam 01.00 wib. Sempat ke sini sebentar lalu pulang. Mungkin beliau capek mau istirahat," ucap Gatot.

Pelantik Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam X dilakukan Selasa 10 Oktober 2017 sekitar pukul 16.00 wib di istana Negara Jakarta. Pelaksanaan pelantikan ini amat mendadak. Keputusan waktu dan lokasi baru diterima Pemda DIY pada Senin 9 Oktober sore.

(Baca: Lika-Liku Pelantikan Gubernur DIY)
 


(SUR)