Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Parkir Bus Wisata di Yogyakarta Meluber Hingga ke Jalan

Antara    •    Selasa, 26 Dec 2017 21:38 WIB
natal dan tahun baru
Parkir Bus Wisata di Yogyakarta Meluber Hingga ke Jalan
Ilustrasi bus parkir. Foto: Antara/Indriarso Eko Suwarso. F

Yogyakarta: Keterbatasan kapasitas parkir untuk bus pariwisata di Yogyakarta saat libur panjang akhir tahun menyebabkan banyak kendaraan parkir hingga ke tepi jalan. Padahal kawasan ini masuk lokasi larangan parkir.

"Tempat khusus parkir untuk bus pariwisata seperti di Ngabean sudah penuh sehingga mereka memilih parkir di tepi jalan umum," kata Ketua Forum Komunikasi Pekerja Parkir Kota Yogyakarta Ignatius Hanarto di Yogyakarta, Selasa, 26 Desember 2017.

Menurut dia, ruas jalan yang kerap dijadikan pilihan parkir untuk bus pariwisata berada di Jalan Brigjen Katamso dan Jalan KH Ahmad Dahlan. Organisasis pekerja sudah memberikan arahan ke pengelola di tempat khusus parkir (TKP).

"Kami sudah minta pengemudi bus agar memilih jalan yang cukup lebar dengan arus lalu lintas yang tidak terlalu padat apabila ingin lebih dekat ke lokasi parkir. Bisa di Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Sugeng Jeroni," katanya.

(Baca: Wisatawan di Yogyakarta Diminta Tak Parkir Sembarangan)

Terminal Giwangan atau lokasi parkir alternatif lain belum menjadi pilihan utama bagi pengemudi bus apabila tidak mendapat tempat parkir di lokasi parkir utama. Namun pengemudi lebih memilih jalan di tempat yang dekat dengan lokasi wisata.

"Jika parkir terlalu jauh, mereka khawatir akan kehabisan waktu saat menjemput wisatawan apalagi jalan cukup padat," katanya.

Hanarto menyebut, ruas jalan alternatif untuk parkir bus pariwisata tersebut hanya akan digunakan saat libur akhir tahun menyiasati keterbatasan lahan parkir yang ada. Jika bus pariwisata hanya berputar-putar untuk mencari parkir, maka dikhawatirkan jalan Yogyakarta justru semakin oadat.

"Maka disarankan untuk parkir di lokasi alternatif," katanya.

(Baca: Dishub Siapkan Kantong Parkir Tambahan di Kawasan Malioboro)
 


(SUR)