Komedian asal Bantul Gareng Rakasiwi Meninggal

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 09 Feb 2018 17:16 WIB
obituari
Komedian asal Bantul Gareng Rakasiwi Meninggal
Keluarga membawa peti jenazah Gareng Rakawisi, komedian asal Bantul, ke pemakaman, Jumat 9 Februari 2018, Medcom.id - Mustaqim

Bantul: Dwi Yanto, seniman sekaligus komedian dari Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meninggal. Dwi Yanto dikenal dengan nama panggung Gareng Rakasiwi juga ahli mengocok perut sebagai Komik.

Evana Febrianto mengatakan Gareng meninggal di usia 52 tahun di RS Adelia Banguntapan, Bantul, sekitar pukul 03.30 WIB, Jumat, 9 Februari 2018. Sebelumnya, kata Evana, kakaknya tersebut mengeluh sakit pada dada usai kembali dari Jakarta.

Setibanya di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, keluarga langsung membawa Gareng ek RS Adelia Banguntapan. "Sempat mendapat perawatan dari dokter, tapi nyawanya tetap tak tertolong," ujar Evana sesaat sebelum pemakaman. 

Gareng meninggalkan seorang istri bernama Parti. Semasa hidupnya, kata Evana, Gareng pernah menempuh pendidikan di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta, kini sudah berganti nama menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Gareng mengambil jurusan Teknik Elektro dan sempat membuka bengkel setelah lulus. 

"Tapi ijazah keguruannya tidak dipakai. Beliau lebih jadi komedian. Ia jadi guru bagi masyarakat tidak memakai ijazahnya," ujar Evana. 

Sejumlah seniman sejawat Gareng ikut bertakziah. Seperti Djaduk Ferianto hingga Marwoto.

Djaduk mengatakan rasa kehilangan pada sosok Gareng. Bagi Djaduk, Gareng meninggal secara mendadak karena dirinya sempat menggarap proyek bersama pada awal Februari 2018. 

"Saya dan almarhum juga menggarap proyek (pementasan) 'Indonesia Kita'. Almarhum juga datang pas acara ulang tahun bu Mega (Megawati)," kata Djaduk. 

Menurut dia, Gareng merupakan komedian yang menginspirasi rekan seprofesi. Gareng dianggap tekun mencatat dan mengembangkan bahan komedi yang hendak dibawakan dalam pementasan. 

Djaduk juga berpendapat jika Gareng sosok yang memiliki berbagai kemampuan, termasuk menyanyi. "Tidak semua komedian bisa seperti Gareng. Mudah-mudahan ada penggantinya dengan energi yang baru, meski tidak akan seperti Gareng," ungkap Djaduk. 


(RRN)