Liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

H-1 Natal, Antrean Kendaraan Jalur Pantura Pekalongan Hingga 20 KM

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 24 Dec 2017 14:17 WIB
natal dan tahun baru
H-1 Natal, Antrean Kendaraan Jalur Pantura Pekalongan Hingga 20 KM
Petugas kepolisian mengatur lalu lintas di jalur pantura Pekalongan, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id /Kuntoro Tayubi

Pekalongan: Memasuki H-1 Hari Raya Natal 2017, arus mudik di jalur Pantura Kabupaten Pekalongaan, Jawa terpantau padat merayap. Kendaraan hanya dapat melaju dengan kecepatan tak lebih dari 10 km/jam.

Dari pantauan, kepadatan arus lalu lintas kendaraan sudah mulai terjadi di pantura Comal, Pemalang, hingga ke wilayah pantura Kota Pekalongan. Antrean panjang kendaraan yang berasal dari arah Jakarta menuju Semarang diperkirakan mencapai 20 km lebih.

Slamet, 40, salah satu sopir truk dari Jakarta tujuan Surabaya menyebut kepadatan arus lalu lintas sudah terjadi saat memasuki wilayah Kota Tegal. Namun, kondisi terparah mulai terjadi sejak pantura Ampelgading, Pemalang.

"Dari Tegal sampai Pekalongan, biasanya paling satu jam lebih. Kalau ini tadi 4 jam baru sampai Sipait, Pekalongan. Enggak bisa cepet, laju kendaraan cuma 5 km/jam,” katanya, Minggu, 24 Desember 2017.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan menyebut kepadatan arus lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang sudah terjadi sejak tanggal 22 Desember 2017.

“Situasi saat ini berbeda dengan mudik lebaran. Pemudik ada dua tujuan, beribadah atau Natalan dan liburan sekolah. Sehingga, masih bisa dikendalikan walaupun kondisinya padat merayap,” ujar Wawan.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, pihak kepolisian memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Di antaranya pengalihan arus maupun sistem buka tutup.

“Untuk mobil pribadi, sebagian kami alihkan ke jalur alternatif. Selain itu, kami berlakukan sistem buka tutup mulai dari pantura Sipait. Kami utamakan arus kendaraan dari arah Jakarta (barat) kea rah Semarang (timur),” pungkasnya.

 


(SUR)