Peringatan Hari Ibu se-Jateng Dipusatkan di Brebes

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 20 Dec 2017 16:16 WIB
peringatan hari ibu
Peringatan Hari Ibu se-Jateng Dipusatkan di Brebes
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo -- medcom.id/Kuntoro Tayubi

Brebes: Peringatan ke-89 Hari Ibu se-Jawa Tengah dipusatkan di Pendopo Kabupaten Brebes. Kegiatan dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Rabu, 20 Desember 2017.

Ganjar berharap, angka kematian ibu hamil di Brebes bisa ditekan melalui momentum kegiatan ini. "Upaya yang sudah dilakukan cukup bagus. Setiap tahun ada penurunan angka kematian ibu hamil di Brebes hingga 30 persen," kata dia saat memberi sambutan.

Menurut Ganjar, Brebes mengalami penurunan tertinggi angka kematian ibu hamil di Jateng. Meskipun sudah banyak mengalami penurunan, angkat kematian ibu hamil di Brebes masih tertinggi juga di Jateng.

Upaya menekan angka kematian ibu hamil, lanjut Ganjar, bukan hanya tugas Pemerintah Kabupaten Brebes. Pemprov Jateng juga terlibat, dengan memusatkan kegiatan Hari Ibu di Brebes.

"Selain itu, pemprov juga meluncurkan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng," kata Ganjar.

Program tersebut diklaim sukses menekan angka kematian ibu hamil sejak 2014. Rata-rata angka penurunannya mencapai 14 persen per tahun.

Pada 2014, jumlah ibu hamil dan menyusui yang meninggal tercatat sebanyak 711 orang. Jumlah tersebut menurun pada 2015, menjadi 619 kasus.

Jumlah terus menurun pada 2016 dengan 602 kasus. Sementara, pada semester I tahun 2017 tercatat hanya 227 kasus.


(NIN)