Pilgub Jateng Nihil Calon Independen

Mustholih    •    Senin, 27 Nov 2017 16:36 WIB
pilgub jateng 2018
Pilgub Jateng Nihil Calon Independen
Ilustrasi KPU - Antara

Semarang: Komisi Pemilihan Umum memastikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah 2018 tidak diikuti pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari jalur perseorangan. Calon independen terkendala syarat dukungan minimal yang dianggap teralu berat. 

"Jadi Pilgub Jateng bisa dipastikan tidak diikuti oleh calon perseorangan. Salah satu kesulitan yang mereka ceritakan adalah memenuhi persyaratan dukungan minimal," kata Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, usai menghadiri pelantikan Bupati Klaten di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 27 November 2017.

Joko mengungkapkan calon independen yang maju di Pemilihan Jateng wajib mengantongi dukungan minimal 1.781.606 orang. "Dan dukungan itu harus tersebar di 18 Kabupaten-Kota. Kalau waktunya mepet memang cukup berat. Kemungkinan yang jadi kendala utama itu waktu. Ketika mereka berniat mencakonkan waktunya sudah mepet," jelas Joko.

Masa pendaftaran calon independen di Jawa Tengah dibuka sejak 22 hingga 26 November 2017. Hingga masa pendaftaran itu ditutup pada pukul 00.00 WIB, Minggu, 26 November 2017, tidak ada satu pun pasangan calon jalur perseorangan yang mendaftar. "Tadi pukul 00.00 sudah ditutup. Tapi, tidak ada juga yang menyerahkan syarat dukungan," tegas Joko.

Joko menambahkan sebenarnya ada lima pasangan Calon Gubernur independen yang sudah melakukan konsultasi ke KPU Jateng. Namun, jumlah suara yang mereka himpun hingga hari terakhir masa pendaftaran tidak mencukupi untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jateng. 

"Informasi yang kami peroleh 500 sampai 700-an ribu suara. Tapi kita tidak tahu persis," jelas Joko.

Di Pemilihan ke depan, KPU Jateng akan melakukan sosialiasi jauh-jauh hari tentang syarat dukungan minimal bagi calon independen. "Yang bisa kita laksanakan adalah melakukan sosialisasi jauh-jauh hari. Saya termasuk yang ikut keliling dari Kabupaten-Kota ke Kabupaten-Kota," jelas Joko.
 


(REN)