Ki Enthus Ingin Teruskan Perjuangan di Pilkada 2018

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 15 May 2018 00:12 WIB
obituari
Ki Enthus Ingin Teruskan Perjuangan di Pilkada 2018
Almarhum Bupati Enthus Susmono saat mendaftar jadi Calon Bupati di KPUD Tegal, Jawa Tengah. Medcom.id /Kuntoro Tayubi

Tegal: Ki Enthus Soesmono dikenal sebagai dalang dan seniman besar selain sebagai Bupati Tegal. Dia juga merupakan calon bupati petahana pada Pilkada serentak 2018 yang akan digelar bulan depan. Ia bersama pasangannya calon wakil bupati yang sesama incumbent, Umi Azizah mendaftar di KPU Kabupaten Tegal, Rabu, 10 Januari 2018 lalu.

Petahana merupakan pasangan yang pertama kali mendaftar di KPU sebagai peserta Pilkada. Sebelum mendaftar, mereka melakukan arak-arakan dengan mobil dari Gedung NU Procot, Slawi dengan diiringi ratusan pendukung.

Pasangan yang kompak mengenakan pakaian warna putih saat mendaftar di KPU itu diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan jumlah kursi 12. Jumlah kursi itu sudah melebihi syarat jumlah minimal yang mengharuskan pasangan bakal calon harus diusung partai politik yang memiliki 10 kursi di dewan.

Selain PKB, Enthus- Umi juga didukung empat partai. Empat partai pendukung itu antara lain Gerindra, PKS, PAN, dan Hanura.

Baca: Ki Enthus Daftar Bupati Tegal

"Kalau dilihat dari jumlah anggota dewan yang ada, pasangan Enthus-Umi sudah mendapat 25 dukungan. Berarti sudah separo jumlah anggota DPRD Tegal," ujar ketua DPC PKB Kabupaten Tegal, A Firdaus Assyairozi saat mengantar pasangan Enthus-Umi mendaftar Cabut dan Cawabup, di KPUD Tegal.

Ia mengaku alasan mengusung kembali pasangan petahana karena Enthus-Umi sudah terbukti banyak perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat Tegal. Di antaranya menurunnya angka kemiskinan, IPM meningkat, bantuan pada ribuan rumah tidak layak huni (RTLH).

Sementara itu, Enthus Susmono mengaku tidak ada persaingan dalam perhelatan pesta demokrasi. Ia hanya ingin melanjutkan program pembangunan yang sudah ada.

"Meminjam istilah Muhammadiyah, yakni fastabiqul khoirot. Meneruskan yang sudah ada," kata Enthus saat itu.

Bupati Tegal Ki Enthus Susmono menghembuskan nafas terakhir pada Senin, 14 Mei 2018 pukul 19.15 di RS Soeslo, Slawi, Jawa Tengah.  Enthtus yang merupakan calon petahana pada Pilkada Tegal ini meninggal akibat kelelahan usai kampanye di Jatinegara.


 


(SUR)