DIY Bangun Pusat Budaya dan Kesenian Bertaraf Internasional

Patricia Vicka    •    Kamis, 03 Aug 2017 12:25 WIB
pemda
DIY Bangun Pusat Budaya dan Kesenian Bertaraf Internasional
Lahan yang akan dibangun pusat kesenian dan kebudayaan bertaraf internasional di DIY -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan membangun pusat kesenian dan kebudayaan bertaraf internasional. Pusat kesenian dan kebudayaan ini rencananya dibangun di lahan bekas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kerjasama (STIKer) di Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul.

"Konsepnya mirip broadway di Amerika Serikat. Akan dibuat taman budaya yang ada panggung hiburannya, tempat kuliner, dan toko jual cinderamata," kata Kepala Bapedda DIY Agus Taviv Rayanto di DPRD DIY, Kamis 3 Agustus 2017.

Pembangunan pusat kesenian dan kebudayaan ini diperkirakan dimulai pada 2019. "Detail Engineering Design (DED) kawasan itu dibuat 2018. Pembangunan fisiknya 2019," lanjut Agus.

Menurut Agus, Pemda DIY membeli lahan tersebut seharga Rp59,8 miliar. Dana berasal dari APBD 2017.

Pembayaran, lanjut Agus, dilakukan secara bertahap dengan pembayaran pertama senilai Rp47 miliar. Lahan tersebut juga akan digunakan sebagai tempat parkir bus pariwisata.

Kampus STIKer gulung tikar akibat bangkrut usai gempa di Bantul pada 2006. Bangunan kampus banyak yang rusak parah. Kini, bangunan sudah rata dengan tanah dan hanya menyisakan sebuah pintu gerbang.


(NIN)