Purnawirawan TNI di Solo Lari Bawa Obor Suarakan Persatuan

Pythag Kurniati    •    Jumat, 19 May 2017 18:47 WIB
Purnawirawan TNI di Solo Lari Bawa Obor Suarakan Persatuan
Aksi unik Purnawirawan TNI di Solo menyuarakan persatuan--MTVN/Pythag--

Metrotvnews.com, Solo: Kegelisahan terhadap kondisi bangsa saat ini menuai aksi dari warga Kota Solo. Seorang purnawirawan TNI yang pernah bertugas di Denpom IV/4 Surakarta, Partika Subagyo atau yang akrab disapa Kopral Bagyo melakukan aksi unik.

Kopral Bagyo berlari-lari kecil menempuh jarak sekitar tiga kilometer dari perempatan Ngapeman Jalan Slamet Riyadi hingga Bundaran Gladag Kota Solo, Jawa Tengah. Tak hanya itu, ia juga membawa obor menyala.

Aksi juga diikuti lima orang warga lainnya. Mereka membawa berbagai spanduk antara lain bertuliskan 'Waspada Upaya Perpecahan Bangsa', 'Gelorakan Semangat Bhinneka Tunggal Ika' dan 'Jangan Suka Membaca Berita Hoax'.

Aksi tersebut dilakukan lantaran keprihatinan terhadap maraknya perpecahan yang dianggap mengancam persatuan. "Kami ajak masyarakat tidak mudah dipecah-belah," kata Subagyo, Jumat, 19 Mei 2017.

Menurutnya, saat ini Bhinneka Tunggal Ika tengah digoyahkan oleh beberapa orang yang sengaja ingin menciptakan permusuhan. "Dampaknya negara bisa kacau, mencari uang pun akhirnya tidak tenang," lanjut dia.

Subagyo sengaja membawa obor menyala sebagai simbol api persatuan yang membara. "Obor adalah wujud semangat membara untuk menjaga NKRI dari pemecah-belah," terangnya.

Ia juga berpesan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan berita-berita hoax. "Isu-isu hoax lah yang menyebabkan perpecahan. Jadi saya minta masyarakat lebih teliti dan bijaksana menyikapi apapun," pungkasnya.

(ALB)