KPU Kulon Progo Masih Nihil Pendaftar

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 21 Sep 2016 19:07 WIB
pilkada serentak
KPU Kulon Progo Masih Nihil Pendaftar
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo (kaus merah). Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Kulon Progo: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih belum menerima pendaftar calon kepala daerah untuk pilkada serentak 2017. Sejak membuka pendaftaran di hari pertama pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, tak ada satu pun pasangan calon yang mendaftar.

"Kami masih menunggu," kata Ketua KPU Kulon Progo, Isnaini, saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (21/9/2016).

Kendati sepi pendaftar, kepolisian tetap menjaga kantor KPU Kulon Progo. Isnaini mengatakan kepolisian memberi pengamanan sesuai prosedur dan dikoordinasikan dengan KPU.

"Kepolisian tak hanya berjaga saat pendaftaran hingga Jumat (23 September), namun hingga selesai pilkada," kata dia.

Terkait pencalonan, Isnaini mengungkapkan, KPU telah beberapa kali melakukan sosialisasi soal pilkada 2017. Terakhir, pihaknya melakukan sosialisasi ke partai politik terkait pencalonan bakal kepala daerah yang akan bertarung dalam pilkada serentak, Senin 19 September lalu.

"Sejumlah kemungkinan masih bisa terjadi. Ada sejumlah partai yang kabarnya akan mengusung calon (kepala daerah)," ujarnya.

Di Kulon Progo, pasangan petahana Hasto Wardoyo-Sutedjo dipastikan maju lagi. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini berencana mendaftar ke KPU pada Jumat 23 September. PDI Perjuangan mengklaim berkoalisi dengan sejumlah partai, yakni PAN, PKS, PPP, Hanura, Nasdem, dan Golkar.


(UWA)