Pemuka Agama Doa Bersama untuk Kerukunan Bangsa

Pythag Kurniati    •    Minggu, 02 Oct 2016 14:35 WIB
kerukunan beragama
Pemuka Agama Doa Bersama untuk Kerukunan Bangsa
Doa bersama untuk kerukunan umat beragama di Kota Solo, Minggu (02/10/2016).

Metrotvnews.com, Solo: Perwakilan umat beragama di Kota Solo, Jawa Tengah mengikuti doa bersama untuk kerukunan agama. Doa bersama dipimpin langsung YA Sangha Ryoso Tozawa. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Wahana Negara Rajasa yang diselenggarakan Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia.

Hadir dalam doa bersama, Sekretaris Jendral Kementerian Agama Nur Syam serta Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Beberapa perwakilan agama antara lain Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Solo Zainal Arifin, Ketua Muhammadiyah Kota Solo Subari, Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia Kota Solo Aji Chandra dan perwakilan lainnya.

Nur menekankan pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama. Dia juga mengapresiasi umat Budha di Majelis Nichiren Shoshu yang telah mewujudkan program-program mendorong terciptanya kerukunan.

“Pertama, adanya Radio Amarta yang bisa menjadi wahana semua agama untuk menyiarkan agamanya masing-masing. Itu sesuatu yang bagus. Melalui siaran radio tersebut menjadi satu contoh yang baik untuk mengembangkan kerukunan,” ujar Nur usai menghadiri doa bersama di Kota Solo, Minggu (02/10/2016).

Nur juga mengapresiasi program pembuatan sumur bor di empat daerah di Jateng yang diinisiasi Majelis Nichiren Shoshu Budha Dharma Indonesia. “Air adalah sumber kehidupan kalau kita bangun sumur itu artinya membangun kehidupan. Tentu saja menolong rakyat tanpa melihat suku, agama dan ras,” papar dia.

Wali Kota Solo mengatakan agama memegang peranan strategis dalam pembangunan negara sehingga hendaknya antarumat beragama selalu menghargai satu sama lain. “Agama jangan dijadikan kedok atau alat propaganda karena itu bisa merusak kerukunan bangsa,” tutupnya.


(SAN)