Tegal Rajai Prestasi Pramuka di Jawa Tengah

   •    Senin, 19 Sep 2016 20:41 WIB
kepramukaan
Tegal Rajai Prestasi Pramuka di Jawa Tengah
Peraih Lencana Teladan Nasional, Rahadianto Tri Wibowo. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Tegal: Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal berhasil menorehkan sejumlah prestasi tingkat Jawa Tengah pada 2016. Penghargaan diserahkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo selaku Ketua Mabida Jateng pada puncak peringatan Hari Pramuka ke-55 tingkat Kwarda Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Karanganyar, dua pekan lalu.

Sekretaris Kwarcab Tegal, Djuliono, mengatakan prestasi yang ditorehkan di antaranya Juara I Pramuka Penegak Garuda Berprestasi atas nama Bayu Khoerul Mizan Penegak SMA 1 Slawi, serta Tergiat II Bidang Humas Abdimas, Lencana Teladan Nasional untuk Penggalang dan Penegak diraih Rahadianto Tri Wibowo, serta prestasi lain.

Alhamdulilah, pada 2016 Kwarcab Tegal masih mampu menyuguhkan sejumlah Prestasi. Meski untuk lomba Kwartir tergiat belum maksimal pada semua bidang. Kita bersyukur atas perolehan penghargaan ini,” kata Djuliono, seperti dikutip dalam laman pramuka.or.id, Senin (19/9/2016).

Dengan Raihan Prestasi itu, Djuliono berharap agar jajaran Gerakan Pramuka Tegal semakin termotivasi untuk terus meningkatkan prestasi dan berkarya lebih baik lagi di tahun mendatang. 

Ini Sosok Peraih Lencana Teladan Nasional

Salah satu prestasi yang paling mencolok adalah raihan Lencana Teladan Nasional oleh siswa SMP Negeri 2 Adiwarna, Rahadianto Tri Wibowo atau biasa disapa Anto. Anto mengawali debutnya sebagai Pramuka Penggalang pada 2014 dan langsung mewakili sekolahnya mengikuti kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dian Pinru) Kwarcab Tegal. 

Di bawah bimbingan Suharjo, berbagai prestasi di bidang kepramukaan berhasil diraihnya pada 2015. Kecintaannya pada Pramuka sudah sejak kecil tertanam. "Pramuka telah menempa saya sebagai pribadi yang lebih baik," kata dia.

Menurutnya, Pramuka bukan sekadar kegiatan bernyanyi atau bertepuk tangan. "Lebih dari itu, Pramuka telah mengajarkan saya banyak hal yang tidak didapatkan di ekstrakulikuler lainnya," kata dia.

Pada 8 September, Anto menjadi satu-satunya wakil Kwarcab Tegal yang berhasil mendapatkan penghargaan Lencana Teladan Nasional yang disematkan langsung oleh Ganjar Pranowo.

"Berkat Pramuka saya bisa bertemu dengan pemimpin bangsa seperti Pak Presiden Joko Widodo, Kak Adhiyaksa Dault, Ibu Megawati Soekarnoputri, dan Kak Ganjar Pranowo," katanya.
(UWA)